alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Imigrasi Gencar Jemput Bola

Sosialisasi Program Istana

30 November 2020, 07: 28: 10 WIB | editor : Jessica AP

BERSIH: Petugas kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar memberikan pelayanan kepada pengunjung di Kampung Coklat.

BERSIH: Petugas kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar memberikan pelayanan kepada pengunjung di Kampung Coklat. (AGUS MUHAIMIN/RADAR BLITAR)

KADEMANGAN, Radar Blitar – Beragam cara dilakukan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non-TPI Blitar untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan program Imigrasi Tiba Untuk Anda (Istana). Kemarin (28/11), lembaga di bawah naungan Kemenkumham ini membuka lapak pelayanan di kawasan wisata Kampung Coklat, Kademangan.

Kepala Kanim Kelas II Non-TPI Blitar Murdo Danang Laksono tak menyangka melihat antusiasme masyarakat yang begitu besar menyambut program tersebut. Untuk itu, nantinya kegiatan-kegiatan sejenis akan terus dilakukan secara berkala. “Baru buka saja sudah ada puluhan yang antre minta pelayanan. Ini di luar dugaan kami,” katanya.

Ke depan, pihaknya akan mencoba berkomunikasi dengan sejumlah lembaga atau penyelenggara pariwisata. Dengan harapan, bisa bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar dalam hal pelayanan. Sebab, tidak hanya Istana, ada banyak program lain yang bakal dilakukan. Semisal Eazy Passport yang juga bakal digencarkan di tahun 2021 nanti. “Ini semua demi mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Program Istana ini, sejatinya merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBS). Dalam teknisnya, pelayanan dokumen keimigrasian tidak hanya diberikan di kantor imigrasi, tapi kantor imigrasi hadir di titik-titik atau pusat berkumpulnya masyarakat.

Maklum, kadang masyarakat yang membutuhkan dokumen keimigrasian tidak memiliki waktu untuk proses pengurusan. Sehingga, imigrasi berinisiatif datang ke lokasi yang menjadi jujugan masyarakat. Di sisi lain, memberikan pelayanan di ruang publik menjadi bukti bahwa kantor imigrasi menerapkan birokrasi bersih bebas korupsi.

Ada sejumlah pelayanan dalam lapak Istana ini. Di antaranya pelayanan informasi dokumen keimigrasian hingga penggantian dan pembuatan paspor baru. “Pelayanan informasi keimigrasian bisa diberikan juga untuk warga negara asing. Tapi untuk penggantian ataupun pembuatan paspor baru, khusus untuk warga negara Indonesia,” kata Kasi Dokumen dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar Andri Budiman.

Dia mengungkapkan,program Istana ini tidak melayani pencetakan dokumen keimigrasian. Namun, Andri memastikan, proses pengurusan sudah selesai 90 persen. Artinya, pemohon hanya tinggal datang ke kantor imigrasi untuk mengambil dokumen saja. “Perekaman segala macam kan sudah dilakukan. Jadi tinggal di kantor untuk ngambil paspor baru pemohon,” terangnya. (*)

(rt/muh/esi/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news