alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Rp 920 Juta Revitalisasi Tiga Destinasi Wisata

Anggaran DAK dari Kementerian Pariwisata

30 November 2020, 10: 57: 20 WIB | editor : Alwik Ruslianto

ilustrasi

ilustrasi

SANANWETAN, Radar Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar benar-benar serius untuk meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke sejumlah destinasi wisata di wilayah Kota Blitar. Bahkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar telah mengajukan anggaran ratusan juta rupiah untuk merevitalisasi destinasi wisata.

Anggaran kurang lebih Rp 920 juta yang diusulkan, nantinya akan dipergunakan untuk pengadaan dan penambahan sarana fisik.

Kepala Disparbud Kota Blitar Tri Iman Prasetyono mengungkapkan, setidaknya ada tiga destinasi wisata yang disebutnya masuk ke rencana revitalisasi kali ini. Yaitu Istana Gebang, Water Park Sumber Udel, dan Agro Wisata Belimbing Karangsari. "Kami memang fokuskan ke tiga titik itu dulu ya," ungkapnya.

Anggaran berjumlah ratusan juta tersebut berasal dari dana alokasi khusus (DAK) yang diajukan pihak Disparbud Kota Blitar kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). "Kalau anggaran dari kementerian kan awalnya Rp 1,3 miliar. Tapi karena dilelang, menang tender dengan nilai Rp 920 juta," ujarnya.

Menurut dia, kini proses pengerjaan item fisik sudah mulai dikerjakan. Setiap item yang dibangun antara lain dua menara pandang di Water Park Sumber Udel, dua menara pandang dan jalur pedestrian di Agro Wisata Belimbing Karangsari, serta dua gazebo di Istana Gebang. "Sudah mulai dikerjakan. Saya lihat kemarin yang pengerjaan jalur pedestrian sudah 50 persen," akunya.

Namun, Tri tak merinci berapa besaran anggaran yang dikucurkan untuk setiap proyek fisik yang sudah dikerjakan tersebut. Kendati demikian, dia menegaskan jika proyek fisik sudah pada tahap pengerjaan. Ini salah satu upaya untuk kembali meningkatkan kunjungan masyarakat ke destinasi wisata di Kota Blitar. Mengingat kunjungan wisata di sejumlah destinasi yang dimaksud sempat mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir akibat pandemi Covid-19.

Diperkirakan akan ada lonjakan jumlah pengunjung pada masa libur akhir tahun di akhir Desember mendatang. Oleh sebab itu, diharapkan proyek ini dapat segera rampung pada pertengahan Desember mendatang. (*)

(rt/tya/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news