alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Sah, APBD 2021 Rp 2,3 Triliun

Disepakati dalam Rapat Paripurna DPRD

30 November 2020, 11: 27: 38 WIB | editor : Alwik Ruslianto

DISAHKAN: Penandatanganan dan penyerahan berita acara persetujuan bersama antara bupati Tulungagung (sebelah kiri) dan Ketua DPRD Tulungagung (dua dari kiri).

DISAHKAN: Penandatanganan dan penyerahan berita acara persetujuan bersama antara bupati Tulungagung (sebelah kiri) dan Ketua DPRD Tulungagung (dua dari kiri). (MUHAMMAD HAMMAM DEFA SETIAWAN/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Melalui Rapat Paripurna Penyampaian Program Pembentukan Perda (Propemperda) dan Persetujuan Bersama Tentang Perda APBD Tulungagung 2021 yang dilaksanakan di ruang Graha Wicaksana DPRD Tulungagung, Sabtu lalu (28/11), DPRD Tulungagung mengesahkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang APBD Tulungagung 2021 menjadi paraturan daerah (perda). Setidaknya jumlah APBD 2021 Tulungagung adalah Rp 2,3 triliun serta akan diprioritaskan untuk program pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan.

Rapat Paripurna Propemperda dan Persetujuan Bersama tentang Perda APBD Tulungagung 2021 dimulai dengan dimpimpin langsung oleh Ketua DRPD Tulungagung Marsono. Adapun dalam rangkaian paripurna tersebut adalah penyampaian Propemperda 2021, laporan hasil pembahasan badan anggota DPRD Tulungagung, laporan reses, laporan hasil pansus III, pendapat akhir fraksi, maupun pengambilan keputusan. Dan diakhiri dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara persetujuan bersama antara bupati Tulungagung dan DPRD Tulungagung.

Setidaknya ada tujuh fraksi yang menyampaikan pendapat akhir terhadap Ranperda tentang APBD Tulungagung 2021. Di antaranya Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP); Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB); Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar); Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra); Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN); Fraksi Gabungan Partai Demokrat; Partai Nasdem dan Partai Bulan Bintang; serta Fraksi Hati Nurani Bersatu. Hampir semua fraksi menggunakan pendapat akhirnya untuk memberikan masukan mengenai prioritas penggunaan APBD 2021. Yakni mengenai pelayanan publik, infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pemulihan ekonomi, menjamin kesejahteraan petani dan nelayan, insentif untuk guru ngaji, dan masih banyak lainya.

Ketua DPRD Tulungagung Marsono mengatakan, setelah disetujuinya Ranperda 2021 tentang APBD Tulungagung 2021, bupati Tulungagung harus mengajukan hasil ranperda tersebut kepada gubernur Jawa Timur. Sebab, pengajuan tersebut tanggung jawab dari bupati Tulungagung. Pengajuan tersebut akan lebih baik jika segera diajukan kepada gubernur karena hal tersebut menyangkut rakyat. “Setidaknya pada Januari 2021 harus sudah dimulai karena awal tahun depan harus sudah bisa melakukan kebijakan yang strategis. Jika semakin ditunda pengajuannya, akan lebih banyak persoalan yang muncul,” tuturnya.

Politikus PDIP itu menambahkan, DPRD Tulungagung juga menyetujui dengan program yang menjadi prioritas Pemkab Tulungagung. Karena DPRD itu bukan berada di posisi yang menolak apa pun mengenai kebutuhan dan berkaitan dengan rakyat. Selama hal itu sesuai dengan konstruksi APBD yang ada. “Sudah menjadi kewajiban bersama untuk menentukan skala prioritas dalam penggunaan APBD. Namun untuk menentukan yang mana menjadi prioritas itu adalah kewenangan bupati Tulungagung,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menjelaskan, berdasarkan hasil rapat paripurna, kebijakan yang akan dikeluarkan mendatang telah disinergikan dengan lima program prioritas Indonesia Maju. Selain itu, juga sudah disesuaikan dengan prioritas kebijakan penganggaran dan perubahan prioritas plafon anggaran daerah.

“Penggunaan APBD 2021 nantinya akan diprioritaskan untuk pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Kami juga sudah menyesuaikan dengan prioritas pemerintah pusat dalam hal pengambangan SDM, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi” pungkasnya usai rapat paripurna. (*)

(rt/mam/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news