alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
icon-featured
Politik

KPU: Partisipasi Pemilih Meleset dari Target

12 Desember 2020, 11: 46: 03 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis

KOTA, Radar Trenggalek - Komisi Penyelenggara Umum (KPU) akui partisipasi daftar pemilih tetap (DPT) tidak maksimal pada pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) 9 Desember lalu. Indikasinya, jumlah partisipasi DPT tidak mencapai target awal sebesar 70 persen.

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Derita Hadi mengatakan, prosesnya kini masih rekapitulasi di kecamatan. Rekapitulasi itu masih terkait perhitungan surat suara. Baru pada Senin nanti (14/12), rekapitulasi mencapai ke tingkat kabupaten. Menurut dia, persentase jumlah DPT masih bisa terjadi perubahan. "Jadi yang saya sampaikan ini adalah perkiraan, bisa jadi berubah naik atau turun," ungkapnya pada Jumat (11/12).

Dari hasil rekapitulasi sementara, tingkat partisipasi DPT pada 9 Desember lalu mencapai 67,51 persen. Sehingga membutuhkan 2,49 persen lagi untuk mencapai 70 persen. "Pada 2015 lalu, tingkat partisipasi ada 67,85 persen sehingga terjadi penurunan partisipasi 0,34 persen," ujarnya. 

Adapun alasan yang melatarbelakangi penurunan tingkat partisipasi. Gembong menyebut, banyak warga yang berada di luar negeri, meskipun pihaknya mengetahui kalau bakal tidak pulang. Selain itu, ada lagi yang di luar kota, misal di Malang, Jakarta, dan sebagainya. Dia menduga, mereka tidak pulang untuk mencoblos karena proses administrasi di luar kota itu ketat. "Tetap kami catat sebagai DPT. Karena itu adalah bentuk perlindungan hak orang dalam Pilbup 2020. Dan ini yang menyebabkan penurunan," tegasnya. (*)

(rt/pur/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news