alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Usaha Stagnan, Realisasi Investasi Turun

Karena Dihantam Pandemi

24 Desember 2020, 11: 43: 22 WIB | editor : Alwik Ruslianto

BELUM PULIH: Pusat perbelanjaan di Kota Blitar hingga kini belum ramai karena dampak pendemi.

BELUM PULIH: Pusat perbelanjaan di Kota Blitar hingga kini belum ramai karena dampak pendemi. (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

SANANWETAN, Radar Blitar - Realisasi investasi di Kota Blitar mengalami penurunan tahun ini. Pandemi Covid-19 menjadi faktor utamanya.

Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja, dan Perizinan Terpdu Satu Pintu (DPMTKPTSP) Kota Blitar mencatat, realisasi atau capaian investasi hingga 22 Desember ini mencapai Rp 167 miliar. Capaian itu melebihi dari target yang ditentukan. "Target realisasi investasi 2020 ini ditentukan Rp 166,4 miliar," kata Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Penanaman Modal DMPTKPTSP Kota Blitar Iwan Nurdiyanto, kemarin (22/12).

Capaian investasi tersebut, jelas dia, diperoleh dari sejumlah sektor. Di antaranya perdagangan, industri kecil dan menengah, serta pariwisata. "Data investasi itu diambil dari LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal, Red) dan OSS," jelasnya.

Namun, jika dibandingkan dengan 2019 lalu, realisasi investasi jelas menurun. Pada 2019 lalu, realisasi investasi mencapai Rp 275,9 miliar. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan tahun ini.

Menurut dia, turunnya capaian investasi tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Terutama pandemi Covid-19. "Jadi bisa dibilang, dunia usaha mengalami stagnansi. Dan bahkan ada yang mengalami penurunan. Tapi, ada sebagian sektor yang masih tetap eksis," ujar pria ramah ini.

Kendati begitu, nilai realisasi investasi setiap tahun memang tidak bisa stabil. Pasti naik dan turun tergantung situasi perekonomian.

Pada 2021, dinas menargetkan realisasi investasi mencapai Rp 166,67 miliar. Target itu sedikit naik daripada capaian realisasi 2020. "Perlu diketahui, target investasi dari tahun ke tahun selalu naik," tandasnya. (*)

(rt/kan/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news