alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Harga Emas Turun Jelang Akhir Tahun

30 Desember 2020, 08: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

INVESTASI: Salah seorang pegawai toko emas memperlihatkan salah satu varian emas.

INVESTASI: Salah seorang pegawai toko emas memperlihatkan salah satu varian emas. (ADITYA YUDA SETYA PUTRA/RADAR BLITAR)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Memasuki masa akhir tahun, nampaknya masyarakat Kota Blitar tak perlu repot-repot pergi ke toko emas untuk menjual logam mulia yang mereka simpan. Sebab, adanya pandemi Covid-19 secara global telah memengaruhi harga emas di pasaran. Termasuk di wilayah Kota Patria.

Hal ini diakui salah seorang pemilik toko emas di Jalan Merdeka, Sujarwo. Dia mengatakan, harga emas cenderung fluktuatif dalam kurun waktu satu bulan belakangan ini. Teranyar, harga emas justru turun pada Desember jika dibandingkan November kemarin. "Satu bulan ini cenderung tidak stabil. Kalaupun naik, nanti harganya turun lagi," terang Sujarwo.

Sebagai gambaran, kini harga emas dengan kadar 75 persen dihargai Rp 675 ribu per gram (gr). Bandingkan dengan bulan lalu di mana harganya berada di angka Rp 710 ribu per gram dengan kadar yang sama. "Normalnya Rp 625 ribu per gram. Tapi kemarin sempat naik dan bulan ini turun lagi," ungkapnya.

Dia mengaku tak tahu secara pasti alasan harga emas belakangan ini cenderung turun. Diduga adanya pandemi secara global juga berdampak pada harga emas dunia. "Harga emas itu mengikuti harga dunia. Mungkin nanti kalau pandemi sudah berakhir, harga emas kembali stabil," kata pria 51 tahun ini.

Disinggung mengenai minat masyarakat akan emas, Sujarwo mengungkapkan, kendati harganya cenderung turun, jumlah masyarakat yang menjual atau membeli emas tetap stabil. Sebab, di masa pandemi seperti kini, banyak sebagian masyarakat yang lebih memilih untuk mencairkan emas mereka untuk mencukupi biaya kebutuhan sehari-hari sekaligus ada dari sebagian masyarakat yang lebih memilih untuk membeli emas dengan maksud berinvestasi. "Mungkin lebih baik masyarakat investasi dulu, disimpan dulu emasnya. Karena ada kecenderungan harganya tiap tahun naik. Kami memang tidak bisa memprediksi berapa jumlah kenaikannya. Tapi akan lebih baik diinvestasikan atau disimpan dulu. Karena dibanding tahun kemarin harganya kurang dari Rp 600 ribu per gram," pungkasnya. (*)

(rt/tya/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news