alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

PTM Siswa SD/SMP Terancam Kandas

Akibat Kasus Covid-19 Semakin Tinggi

30 Desember 2020, 08: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

LANGKAP: Salah seorang petugas kebersihan di SDN Kepanjenlor 2 sedang menggunakan sarana penunjang pencegahan Covid-19.

LANGKAP: Salah seorang petugas kebersihan di SDN Kepanjenlor 2 sedang menggunakan sarana penunjang pencegahan Covid-19. (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR)

KEPANJENLOR, Radar Blitar - Rencana pembelajaran tatap muka (PTM) bagi siswa SD/SMP di Kota Blitar yang akan digelar pada Januari mendatang kembali terancam batal. Kandasnya wacana PTM tersebut akibat semakin tingginya kasus Covid-19. Namun, persiapan kelengkapan sarana prasarana (sarpras) penunjang tetap dilakukan di sejumlah sekolah yang telah ditunjuk sebagai sekolah uji coba tatap muka mendatang.

“Rencana pembelajaran tatap muka masih sulit untuk dilakukan Januari mendatang. Pasalnya, perkembangan pasien Covid-19 di Kota Blitar terus bertambah setiap hari,” terang Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Blitar Didit Rahman Hidayat, kemarin (29/12).

Jadi dispendik, kata dia, belum berani untuk melakukan PTM. Meskipun kemarin sudah berencana akan dilakukan tapi ini akan beresiko.

Dispendik pun masih menunggu informasi lanjutan terkait keputusan mengenai PTM di sekolah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar.

Menurut dia, surat keputusan tersebut belum keluar hingga kini. Sehingga, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Pemkot Blitar dan Satuan Tugas (Satgas) Pananggulangan Covid-19 Kota Blitar terkait pelaksanaanya PTM kedepannya. "Sudah berkirim surat ke Wali Kota, namun belum keluar keputusannya. Karena memang kondisi masih seperti ini, jadi hanya akan manut dengan keputusan pimpinan kedepannya," tandasnya.

Di samping itu, lanjut dia, kendati pelaksanaan PTM kembali batal, persiapan terhadap kelengkapan sarpras penunjang pencegahan Covid-19 tetap dilakukan. Utamanya kepada sejumlah sekolah yang telah ditunjuk sebagai sekolah uji coba pada pelaksanaan PTM nanti. "Di 10 sekolah kami siapkan untuk uji coba nanti. Jadi nanti kalaupun sudah boleh PTM tidak semua sekolah langsung dibuka. Tetapi hanya ada 10 sekolah yang kami uji coba dan evaluasi bersama," tandasnya.

Seperti diketahui, Dispendik Kota Blitar telah menyiapkan 10 lembaga sekolah untuk ikut uji coba tatap muka. Di antaranya yakni, SDN Kepanjenlor 2, SDN Bendogerit 1, SDN Blitar, SD Islam Blitar dan SD Al Ghifari. Kemudian untuk jenjang SMP yakni, SMPN 7, SMPN 8, SMPN 9, SMP Muhafidhoh dan SMP Al Ghifari. (*)

(rt/ima/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news