alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Gilas Ribuan Botol Miras dan Okerbaya

30 Desember 2020, 08: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

RATA: Proses pemusnahan miras dan okerbaya dengan digilas buldoser di halaman depan Polres Trenggalek kemarin (29/12).

RATA: Proses pemusnahan miras dan okerbaya dengan digilas buldoser di halaman depan Polres Trenggalek kemarin (29/12). (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Ribuan minuman keras (miras) hingga obat keras berbahaya dimusnahkan di halaman depan Polres Trenggalek. Pemusnahan itu sebagai simbolisme ketegasan aparat kepolisian dalam menindak bahan-bahan yang dapat membahayakan masyarakat.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, sebanyak 3.233 botol terkena razia dalam operasi penyakit masyarakat (pekat) selama dua bulan belakang. Tak hanya miras botolan, operasi itu juga menemukan miras yang diletakkan ke dalam jeriken dengan berat mencapai 1.024 liter. "Okerbaya (pil koplo dan dobel L, Red) hingga narkoba ditemukan sebanyak 1.300 butir," ungkapnya pada Selasa (29/12).

Ribuan miras dan okerbaya dimusnahkan dengan buldoser dan blender. Menurut AKBP Doni, pemusnahan ribuan miras dan okerbaya harus dilakukan untuk membuktikan ketegasan kepolisian dalam penegakan hukum terkait pekat. "Tujuan pemusnahan sebagai bentuk keseriusan kami dalam menegakkan hukum terutama minuman keras dan peredaran okerbaya secara ilegal," ujarnya.

Dia melanjutkan, dampak mengonsumsi miras maupun okerbaya dapat berdampak negatif bagi kelangsungan generasi muda dan meresahkan masyarakat. Pasalnya, tidak sedikit kasus kriminalistik hingga kekerasan ditemukan unsur pengaruh dari minum-minuman keras. 

Disinggung terkait upaya penindakan terhadap pihak yang memproduksi miras, kata dia, dalam tahap awal sanksi yang diberikan yaitu secara teguran. Namun, tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada pencabutan izin terkait pidana lainnya. "Miras termasuk tindak pidana ringan (tipiring), nantinya kami koordinasikan dengan satpol PP," ujarnya.

Di sisi lain, operasi pekat tetap dilanjutkan hingga akhir tahun nanti, meskipun sudah ada pemusnahan miras dan okerbaya. "Dibantu polsek untuk menghindari penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang," tegasnya. (*)

(rt/pur/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news