alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Lelang Seragam Gratis Tertunda Lagi

Diprediksi Dimulai Januari 2021

30 Desember 2020, 08: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis

KOTA, Radar Tulungagung - Harapan siswa baru untuk segera mendapat seragam gratis nampaknya kembali tertunda. Sebab, lelang seragam gratis yang semula ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun, harus ditunda hingga Januari 2021 mendatang. Tak ayal, kondisi ini bakal berimbas pada proses distribusi seragam gratis bagi siswa baru. “Belum, untuk lelang baru nanti Januari karena ada beberapa perubahan agenda pada 2020 ini,” jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Hariyo Dewanto Wicaksono.

Yoyok, sapaan akrabnya mengatakan, beberapa faktor yang membuat lelang harus ditunda karena adanya perubahan rencana program. Dari yang semula akan didistribusikan berupa electronic money (e-money), dikembalikan berupa seragam jadi. Ini karena belum siapnya sejumlah instrumen dan sarana prasarana (sarpras) pendukung. “Karena untuk mengubah kebijakan, juga harus mengubah perda maupun perbup. Sarprasnya juga masih dipikirkan akan dibuat seperti apa,” terangnya.

Tak hanya itu, adanya pandemi Covid-19 juga menjadi faktor lain kebijakan seragam gratis urung direalisasikan. Meski demikian, dia memastikan program seragam gratis akan terealisasikan pada 2021 mendatang.

Dengan pelaksanaan lelang pada Januari mendatang, pihaknya memasang target setidaknya 5-6 bulan ke depan program tersebut dapat terealisasikan. Artinya, sekitar Mei mendatang siswa baru tahun ajaran 2020/2021 dapat menerima seragam gratis. Baik untuk tingkat SD/MI maupun SMP/MTS. “Kira-kira proses pengerjaan memakan waktu lima bulan ke depan. Perkiraan kami, pada Mei anak-anak sudah dapat menerima seragam baru,” ungkapnya.

Disinggung mengenai anggaran, sama seperti sebelumnya, untuk program seragam gratis ini telah menganggarkan sekitar Rp 22,5 miliar (M). Sementara untuk target sasaran penerima, sekitar 26 ribu siswa. Terdiri dari 14 ribu siswa SD dan 12 ribu siswa SMP.

Seperti diberitakan sebelumnya, program seragam gratis bagi siswa baru kelas I SD dan VII SMP dipastikan segera bergulir. Ini setelah pengadaan program yang telah berjalan kurang lebih tiga tahun ini akan segera memasuki tahap lelang. Bahkan, Dispendikpora Kabupaten Tulungagung menargetkan proses lelang akan dimulai pada November lalu.

Seperti diketahui, semula pemberian program seragam gratis hanya diberikan kepada siswa kurang mampu. Nantinya seragam akan didistribusikan berupa uang dalam bentuk kartu. Siswa dapat membelanjakan uang tersebut ke toko-toko seragam yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk menyediakan seragam dan atribut sekolah. Namun, rencana ini terpaksa harus ditunda mengingat infrastruktur pendukung belum memadai.

Karena menggunakan sistem lelang, sama seperti tahun sebelumnya, rencananya bantuan akan dibagi ke siswa berupa seragam dan atribut sekolah siap pakai. Hanya untuk pengadaan tahun ini, kualitas barang akan ditingkatkan jika dibandingkan sebelumnya. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news