alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Jalanan Pusat Kota Ditutup Total

Di Malam Pergantian Tahun Baru

30 Desember 2020, 12: 26: 40 WIB | editor : Jessica AP

DITUTUP: Ruas jalan utama di area Alun - Alun Kota Blitar akan ditutup saat malam tahun baru.

DITUTUP: Ruas jalan utama di area Alun - Alun Kota Blitar akan ditutup saat malam tahun baru. (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR)

KEPANJENLOR, Radar Blitar - Sejumlah ruas jalan di pusat Kota Blitar bakal diblokir alias ditutup total pada malam tahun baru. Penutupan jalan yang disertai pengalihan arus lalu lintas itu, dilakukan sebagai upaya menghindari kerumunan massa dan  memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Rencananya, jalanan utama di area Alun-alun Kota Blitar itu akan disterilkan dari kendaraan mulai Kamis (31/12) pada pukul 20.00 WIB hingga Jumat (1/1) pukul 04.30 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar Priyo Suhartono mengatakan, penutupan sejumlah ruas jalan utama yang berada di pusat kota akan dilakukan pada malam tahun baru. Penutupan jalan tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi dari Wali Kota Blitar.

Selain itu, juga sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kerumunan pada malam tahun baru di tengah masa pandemi. "Sesuai dengan instruksi Wali Kota Blitar, kita adakan penutupan jalan di sejumlah ruas jalan. Utamanya di pusat Kota, atau jalan di area Alun-alun Kota Blitar. Ini juga untuk mencegah kerumunan yang bisa menjadi potensi penularan Covid-19," terangnya.

Menurut dia, penutupan total akan dilakukan di sejumlah jalan utama yakni, Jalan Merdeka, Jalan Kelud, Jalan Seruni, Jalan Semeru, Jalan Masjid, dan Jalan Kenanga. Kemudian untuk sejumlah ruas jalan yang berada di sekitar area tersebut akan dialihkan.

Di antaranya, kendaraan dari arah  timur dialihkan lewat Jalan A. Yani ke kanan menuju ke Jalan Dr. Wahidin, lalu ke kiri menuju ke Jalan Veteran. Sedangkan, untuk kendaraan dari arah barat akan dialihkan lewat Jalan Merdeka Barat ke kanan menuju Jalan Anggrek, lalu ke kiri menuju Jalan Wilis terus ke Jalan Lawu, hingga ke Jalan Anjasmoro atau Jalan Musi Barat.

"Secara teknis penutupan dan pengalihan jalan itu akan mulai diterapkan mulai dari Kamis (31/12) pada pukul 20.00 WIB hingga Jumat (1/1) pukul 04.30 WIB. Jadi bagi masyarakat yang tidak berkepentingan kami imbau untuk tidak melewati jalan tersebut," tegasnya.

Priyo menegaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam mengatur arus lalu lintas saat malam pergantian tahun. Para petugas gabungan akan diterjunkan untuk berjaga di sejumlah titik ruas jalan yang ditutup. Sehingga, mereka bisa membantu untuk mengalihkan lalu lintas kendaraan bermotor.

"Yang jelas kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini kepolisian. Kami akan siagakan personel untuk pengamanan dan mengalihkan arus lalu lintas saat malam pergantian tahun nanti," tandasnya. (*)

(rt/ima/esi/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news