alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Dorong Kinerja BPN, Pemkot Beri Hibah Drone

Untuk Mendukung Pelaksaan Program PTSL

31 Desember 2020, 09: 02: 21 WIB | editor : Jessica AP

DUKUNG PENUH: Wali Kota Blitar Santoso menyerahkan bantuan hibah berupa drone kepada Kepala BPN Kota Blitar Budi Doyo, kemarin (30/12).

DUKUNG PENUH: Wali Kota Blitar Santoso menyerahkan bantuan hibah berupa drone kepada Kepala BPN Kota Blitar Budi Doyo, kemarin (30/12). (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

SANANWETAN, Radar Blitar - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar terus berupaya meningkatkan pembayaran PBB-P2 di masyarakat. Salah satunya dengan mendukung program prioritas nasional berupa percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang dilaksanakan langsung oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) di setiap daerah.

Sejak digulirkan pada 2017 lalu, antusiasme masyarakat yang mengikuti program PTSL terus meningkat. Banyak lahan atau bidang yang sudah mengantongi sertifikat melalui program tersebut. Program nasional itu masih terus berlanjut hingga target sertifikasi bidang tercapai sebelum 2025.

Nah, untuk mendukung kinerja Agraria Tata Ruang (ATR)/BPN Kota Blitar, kemarin (30/12), Pemkot Blitar memberikan bantuan hibah berupa drone dan laptop. Pemberian hibah tersebut diharapkan bisa mendukung pelaksanaan program PTSL di Kota Blitar. ”Bantuan hibah ini mudah-mudahan bisa membantu meningkatkan kinerja BPN untuk menyukseskan program nasional berupa PTSL,” ungkap Wali Kota Blitar Santoso di Balai Koesomo Wicitra, kemarin (30/12).

Menurutnya, program PTSL yang telah berjalan selama ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Melalui program tersebut, masyarakat bisa memiliki sertifikat tanah dengan mudah.”Di Kota Blitar sudah banyak warga yang ikut serta dalam program PTSL. Antusiasme masyarakat terus meningkat. Kami, pemkot mendukung penuh program PTSL berjalan dengan baik, tepat, dan transparan,” terang pria ramah ini.

Sementara itu, Kepala ATR/BPN Kota Blitar Budi Doyo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkot Blitar yang telah turut serta membantu proses pelaksanaan program PTSL. Salah satunya dengan memberi bantuan hibah berupa drone dan laptop.”Tentunya ini sangat membantu kami dalam bertugas di lapangan. Teknologi drone ini memudahkan dan mempercepat proses identifikasi bidang tanah di masyarakat,” terangnya.

Selama ini, dalam proses identifikasi bidang tanah BPN masih mengandalkan aplikasi Google dan peta BPN. Artinya, proses identifikasi belum diperbarui menggunakan drone. ”Dengan drone ini, proses inventarisasi maupun identikasi persil-persil bidang yang akan disertifikat bisa lebih cepat. Semoga ini bisa mempercepat pelaksanaan program PTSL tahun depan,” ujar pria berkumis ini. (*)

(rt/kan/esi/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news