alexametrics
Sabtu, 27 Feb 2021
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek
DPRD Agendakan Paripurna Pemberhentian Bupati

Serta Pengusulan Penjadwalan Pelantikan Paslon Bupati Terpilih

26 Januari 2021, 11: 14: 48 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Kutipan

Kutipan

KOTA, Radar Trenggalek - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terus melakukan persiapan guna memproses pengusulan pemberhentian bupati. Ini setelah beberapa waktu lalu para wakil rakyat tersebut telah menerima Surat Keputusan (SK) dari Komisi Pemilihan Umun (KPU) Trenggalek perihal penetapan pasangan calon (paslon) terpilih.

Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam mengatakan, setelah menerika SK dari KPU, DPRD terus melakukan proses guna pengusulan pemberhentian bupati kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui gubernur.Ini perlu dilakukan karena Akhir Masa Jabatan (AMJ) bupati sekitar 17 Febuari mendatang. "Benar, KPU telah mengirimkan SK penetapan paslon bupati terpilih yang telah diterima oleh Sekretaris DPRD," katanya.

Dia melanjutkan, dari situ langkah awal yang diambil adalah penjadwalan sidang paripurna dengan agenda tersebut. Sehingga dengan berbagai pertimbangan, dimungkinkan hari ini (26/1) atau besok Rabu (27/1), wakil rakyat mengagendakan rapat paripurna. Dengan agenda pemberhentian bupati yang menjabat pada sisa masa jabatan 2016-2021 dan pengusulan penjadwalan pelantikan paslon bupati terpilih dalam kontestasi pilkada 2020. "Jadwal pelantikan bupati terpilih akan diajukan kepada Mendagri melalui gubernur usai paripurna yang akan kami gelar nanti," ungkapnya.

Dari situ diharapkan, sidang paripurna tersebut secepatnya bisa terlaksana. Karena pada 2021 ini, masih banyak kegiatan yang harus dilaksanakan DPRD. Apalagi pelantikan tidak boleh dilakukan melebihi AMJ bupati. Ini dilakukan untuk menghindari kekosongan pemimpin. "Jadi jika pelantikan terlambat satu hari saja, harus ada pejabat sementara (Pjs) bupati yang mengisi. Jadi kami berharap agar semua bisa dilakukan dan bupati terpilih bisa dilantik tepat pada 17 Febuari," jelasnya. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news