alexametrics
Sabtu, 27 Feb 2021
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Dua Ribu Vaksin Tahap Pertama Tiba

Hari Ini Didistribusikan ke 22 Puskesmas

27 Januari 2021, 11: 08: 08 WIB | editor : Alwik Ruslianto

SISANYA MENYUSUL: Tim dari dinkes provinsi Jatim ketika tiba di gudang fasmasi Dinkesdalduk KB untuk pendistribusian vaksin Covid-19.

SISANYA MENYUSUL: Tim dari dinkes provinsi Jatim ketika tiba di gudang fasmasi Dinkesdalduk KB untuk pendistribusian vaksin Covid-19. (ZAKI JAZAI/RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Pengawalan ketat menyertai pengiriman vaksin Covid-19 di gedung farmasi Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Trenggalek kemarin (26/1). Setelah ini vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac tersebut akan didistribusikan ke 22 puskesmas yang melaksanakan vaksinasi.

Kepala Dinkesdalduk KB Trenggalek Saeroni mengatakan, vaksin Covid-19 yang datang merupakan vaksin yang dikirim oleh Dinkes Provinsi Jawa Timur (Jatim). Pengiriman vaksin tersebut merupakan pengiriman pada tahap pertama di termin kedua. Sebab, pada termin pertama diperuntukkan tiga kabupaten/kota, yaitu Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya. Sedangkan untuk tahap kedua di didistribusikan ke beberapa daerah, seperti Tulungagung, Pacitan, dan sebagainya, termasuk Trenggalek. "Untuk tahap pertama ini jumlah vaksin yang kami terima ada 2 ribu vaksin," katanya.

Dia melanjutkan, rencananya hari ini (Rabu, 27/1, Red) dan besok (Kamis, 28/1, Red) vaksin tersebut akan didistribusikan ke puskesmas pelaksana pemberian vaksin. Rencananya untuk hari ini akan ada 10 puskesmas yang menerima, sedangkan besok akan ada 12 puskesmas. "Rencana kami dua hari itu, vaksin-vaksin sudah didistribusikan ke 22 puskesmas yang melaksanakan vaksinasi," ungkapnya.

Rencananya lusa (Jumat, 29/1, Red) akan mulai dilakukan penyuntikan vaksin tersebut. Sedangkan untuk prioritasnya awal adalah para tokoh yang berhubungan lasung untuk melakukan pelayanan esensial terhadap masyarakat berjumlah 10 orang. Tokoh tersebut seperti forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), tokoh agama, dan perwakilan keagamaan.

Setelah itu, vaksin akan diberikan ke tenaga keaehatan (nakes) sebagai garda terdepan penanggulangan Covid-19. "Pemberian vaksin pada awal ini sesuai arahan pemerintah pusat. Untuk yang diberi vaksin di sini ada 3 ribu nakes dan sisanya akan ada pengiriman lagi tahap kedua," jelas mantan direktur RSUD dr Soedomo Trenggalek ini. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news