alexametrics
Sabtu, 27 Feb 2021
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek
8 Nakes Terkonfirmasi Positif Covid-19

Puskesmas Gandusari Stop Layani Pasien

Dialihkan Sementara ke Puskesmas Karanganyar

27 Januari 2021, 11: 17: 21 WIB | editor : Alwik Ruslianto

DITUTUP: Kondisi Puskesmas Gandusari yang sepi karena menghentikan layanan kesehatan sementara waktu untuk dialihkan ke Puskesmas Karanganyar.

DITUTUP: Kondisi Puskesmas Gandusari yang sepi karena menghentikan layanan kesehatan sementara waktu untuk dialihkan ke Puskesmas Karanganyar. (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RADAR TRENGGALEK)

GANDUSARI, Radar Trenggalek - Kebutuhan vaksin Covid-19 Sinovac untuk tenaga kesehatan (nakes) kian krusial. Pasalnya, masih terus ada nakes yang terpapar Covid-19. Seperti yang terjadi di Puskesmas Gandusari. Akibatnya, untuk sementara puskesmas menutup pelayanan dan mengalihkan pasien untuk dilayani di Puskesmas Karanganyar.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Trenggalek dr Saeroni mengatakan, data nakes yang terpapar Covid-19 belum sepenuhnya masuk dinkes. Namun, jumlah nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek cukup banyak. "Ada lebih dari 100 nakes," ujarnya.

Dampak nakes terkonfirmasi Covid-19 signifikan terhadap layanan faskes (fasilitas kesehatan). Seperti yang terjadi kemarin, ada faskes yang menutup layanan kesehatan karena ada nakes positif Covid-19 yaitu di Puskesmas Gandusari. "Ada penambahan tiga nakes dari puskesmas itu dari yang sebelumnya ada lima orang," ungkapnya.

Saeroni melanjutkan, mengantisipasi terjadinya paparan Covid-19 di Puskesmas Gandusari, dilakukan sterilisasi, termasuk menutup layanan dan penyemprotan disinfektan. "Tentunya nakes yang positif Covid-19 harus jalani isolasi," kata dia.

Kepala Puskesmas Gandusari dr Diah Mariyana membenarkan adanya penyemprotan disinfektan di Puskesmas Gandusari. Menurutnya, penyemprotan melibatkan petugas damkar sekitar pukul 09.00 WIB. Dampak sterilisasi membuat layanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Karanganyar. "Cuma hari ini (kemarin, Red) mengalihkan layanan kesehatan ke Puskesmas Karanganyar, termasuk rawat inap. Sterilisasi karena kami sering mengantar pasien Covid-19," ujarnya. Meski begitu, pihaknya tidak mengaku jika ada nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Dampak nakes terkonfirmasi positif Covid-19 membuat layanan kesehatan dialihkan bukan kali pertama di Kabupaten Trenggalek. Sebelumnya sekitar akhir Juli 2020, Puskesmas Pogalan juga sempat mengalihkan layanan kesehatan akibat tujuh pegawai terkonfirmasi Covid-19. (*) 

(rt/pur/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news