alexametrics
Sabtu, 27 Feb 2021
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Besok Vaksinasi Covid-19 Dimulai

Termin 1 Terima 4.400 Dosis

27 Januari 2021, 11: 24: 42 WIB | editor : Alwik Ruslianto

SIGAP: Petugas menurunkan vaksin Covid-19 dari kendaraan khusus. Sedikitnya 4.400 dosis vaksin telah tiba di Kota Marmer.

SIGAP: Petugas menurunkan vaksin Covid-19 dari kendaraan khusus. Sedikitnya 4.400 dosis vaksin telah tiba di Kota Marmer. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung - Program vaksinasi Covid-19 di Kota Marmer dipastikan akan segera bergulir. Ini setelah sekitar 4.400 dosis vaksin Sinovac tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung kemarin (26/1). Ribuan vaksin ini nantinya diperuntukkan 2.200 tenaga kesehatan (nakes) dan sumber daya manusia (SDM) penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung dr Kasil Rokhmad melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Didik Eka Sunarya Putra mengatakan, pada tahap pertama ini setidaknya sebanyak 5.371 orang yang akan menjadi sasaran penerima vaksin. Dengan jumlah sasaran tersebut, alokasi vaksin yang akan diterima sebanyak 10.742 dosis. “Sementara yang tiba ada sebanyak 4.400 dosis dari total alokasi kami 10.742 dosis,” jelasnya.

Didik melanjutkan, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, untuk dapat menyasar sekitar 5.371 orang diperlukan waktu sekitar 4 bulan. Yakni mulai Januari hingga April mendatang. “Tentu pelaksanaannya bertahap, sesuai ketersediaan vaksin di gudang farmasi kami,” terangnya.

Untuk menyukseskan program ini, pihaknya telah meminta 40 fasyankes untuk melaksanakan program vaksinasi. Ini tersebar di 32 puskesmas di seluruh Kabupaten Tulungagung dan 8 rumah sakit pemerintah maupun swasta yang telah ditunjuk pemkab.

Rencananya program vaksinasi akan dimulai pekan depan. Yakni setelah Kamis mendatang (besok, Red) sekitar 10 pejabat publik di jajaran lingkup pemkab, nakes, dan tokoh masyarakat divaksin. “Secara simbolis, pada Kamis (28/1) besok akan divaksin untuk pejabat publik, nakes, dan tokoh masyarakat. Kemudian Senin depan insyaallah serentak 40 fasyankes jalan untuk vaksinasi,” urainya.

Berdasarkan pantauan Koran ini, sekitar pukul 14.15 iring-iringan mobil satuan lalu lintas (satlantas) dariBrimob yang mengawal truk khusus pembawa vaksin tiba di halaman kantor Dinkes Kabupaten Tulungagung. Dengan sigap petugas langsung memasukkan sekitar 3 dus vaksin. Setiap dus berisi sekitar 1.960 VIAL. Vaksin pun langsung disimpan kedalam cold chain dengan suhu 2-8 derajat Celsius. Ini untuk menjaga agar kualitas vaksin tetap terjaga.

Seperti diberitakan sebelumnya, melalui Surat Keputusan (SK) Nomor HK.02.02/4/1/2021, nantinya sasaran penerima vaksin akan menerima pesan singkat (SMS) dengan nama pengirim PEDULICOVID. Setelah menerima pesan ini, peserta diharap segera melakukan registrasi ulang untuk memilih tempat dan jadwal vaksinasi.

Sesuai dengan juknis tersebut, data sasaran vaksinasi yang meliputi nama, nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat tempat tinggal, berasal dari sistem informasi satu data vaksinasi Covid-19. Jika peserta telah melakukan verifikasi, dilanjutkan dengan memilih lokasi pelaksanaan vaksinasi. Dengan demikian, sistem informasi secara otomatis akan mengirimkan tiket elektronik kepada peserta.

Adanya program vaksin ini mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Sebab, tujuan program ini untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) dan menurunkan angka kesakitan maupun kematian akibat Covid-19. Dengan demikian, dapat melindungi sistem kesehatan secara menyeluruh dan meminimalkan dampak sosial ekonomi daerah. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news