alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radartulungagung
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

TREN OLAHRAGA DIRUMAH SAAT PANDEMI

UNTUK MENGHINDARI PENYAKIT & OBESITAS

24 Maret 2021, 09: 40: 56 WIB | editor : Bella Orlandis

TREN OLAHRAGA DIRUMAH SAAT PANDEMI

Pandemi saat ini menghadapkan kita pada adaptasi kebiasaan baru. Banyak hal yang berubah dari kebiasaan kita sebelumnya, seperti dari gaya hidup, pola makan, olahraga hingga membatasi diri untuk berinteraksi dengan banyak orang, seperti menghindari

kerumunan. Berkaitan dengan hal itu, setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik, agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan (Darmawan, 2017).

Baca juga: Ngebet Pindah, Sarpras Belum Lengkap

Saat pandemic permasalahan kesehatan yang paling banyak yaitu obesitas. Obesitas dikategorikan berbahaya karena selain terjadi gangguan penyakit dalam juga menurunkan imun tubuh yang berdampak mudah terkena COVID-19. Melansir CNN, Kamis (26/11/2020), rekomendasi berolahraga dirilis ketika dunia mengalami jumlah kasus harian Covid-19 yang terus meningkat secara signifikan. WHO merekomendasikan agar masyarakat berusia 18-64 tahun melakukan olahraga setidaknya 150 menit atau minimal 75 menit olahraga berat setiap minggunya.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas dan cukup aman dilakukan adalah workout from home. Motif kegiatan workout from home sebagai aktivitas menjaga kebugaran jasmani dalam menjaga imunitas menghadapi pandemi COVID-19 untuk menjaga kebugaran tubuh, kesehatan tubuh, mendapatkan tubuh yang ideal, mengencangkan otot -otot tubuh, terhindar dari stress, menambah imunitas dengan berolahraga dan terhindar dari virus corona.

Seseorang dapat memulai olahraga dari yang paling ringan sampai meningkatkan frekuensi, intensitas, dan durasi dari waktu ke waktu. Alternatif lain, melakukan olahraga untuk memperkuat massa otot dan dapat dilakukan saat senggang di rumah. Gambaran fenomena kegiatan workout from home sebagai aktivitas menjaga kebugaran jasmani dalam menjaga imunitas menghadapi pandemi COVID-19.

Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu   tertentu yang membuat pembakaran lemak menjadi lebih optimal atau workout from home lebih singkatnya merupakan olahraga yang fokus pada berat badan atau beban tubuh. Untuk gerakan-gerakan dasar workout from home yaitu jumping jack, push up, sit up, crunch, rusian twist , back up, bicep curl, barbel curl, squat , step up down, front lunges , calf raise , riverse raise, wall seat ,   zigzag   lunges, tricep exetention, tricep deep, tricep kick back, barbel srug, plank, dan jogging. Cara kerja yang benar dapat dilihat panduan umum kesehatan dan melalui video dari youtube sesuai dengan kebutuhan jasmani masing-masing.

Workout   from    home merupakan kegiatan olahraga yang menjaga kesehatan tubuh dan dapat meminimalisir stress yang bermanfaat untuk merevitalisasi fisik dan pikiran agar tetap   segar   tentunya   ini bertujuan untuk menjadikan manusia yang sehat jasmani dan rohani. Kegiatan workout from home ini sangat cocok direkomendasikan untuk orang-orang yang merasa kondisi badannya kurang sehat dan mempunyai tubuh yang urang ideal serta jenuh, bosan, dan penat dengan pekerjaannya, rutinitasnya ataupun masalah pribadinya, karena selain fisik menjadi sehat aktivitas   ini   dapat   merevitalisasi   kembali pikiran refreshing), olahraga ini tidak membutuhkan beban, tidak membutuhkan biaya dan sangat aman dilakukan untuk semua umur mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Oleh : Muhammad Imaamul Hakim Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

(DSN. Karangasem. Desa. Dono. RT/RW: 003/001. Kecamatan. Sendang. Kabupaten. Tulungagung. 085731152430)

(rt/dre/bel/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news