alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radartulungagung
Home > Politik
icon featured
Politik

Tiga Cakades Petahana Tersungkur

Tingkat Kehadiran Capai 84,66 Persen

05 April 2021, 10: 14: 42 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Kutipan

Kutipan

KOTA, Radar Trenggalek – Nasib empat petahana yang mengikuti pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 tak sama. Tiga di antaranya urung melenggang kembali ke tampuk kekuasaan desa. Meskipun demikian, pesta demokrasi yang digelar Sabtu (3/4) sudah memunculkan 15 kandidat nama yang bakal menduduki posisi sebagai kepala desa (kades).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Edy Soepriyanto mengatakan, melalui hasil rekapitulasi perolehan surat suara calon kepala desa (cakades) pada Pilkades serentak Kabupaten Trenggalek 2021, ada empat cakades yang masuk kategori petahana. 

Keempat desa yakni Desa Depok, Kecamatan Bendungan; Desa Barang, Kecamatan Panggul; Desa Dawuhan, Kecamatan Trenggalek; dan Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek. "Hanya petahana dari Desa Barang, Kecamatan Panggul yang mendapat perolehan surat suara tinggi, yakni 832 lawan 740," ungkapnya.

Baca juga: Dispendukcapil Kota Luncurkan ADM

Sementara, ketiga petahana yang kandas dalam pesta demokrasi pilkades serentak berselisih cukup jauh dari cakades baru. Misal di Desa Depok, Kecamatan Bendungan, pesta demokrasi diikuti lima cakades. Hasil perolehan petahana sebanyak 273 suara, sedangkan perolehan tertinggi mencapai 1.357 suara. 

Hal serupa terjadi di Desa Dawuhan, Kecamatan Trenggalek, petahana kandas dengan 847 suara, dari perolehan tertinggi mencapai 1.860 suara. Serta Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek, petahana kandas dengan 1.223 suara, dari suara tertinggi sebanyak 1.844 suara. Edy menanggapi, fenomena petahana yang kandas dalam pesta demokrasi Pilkades 2021 adalah hal yang wajar. "Biasa saja dan itu sering terjadi," ucapnya. 

Di sisi lain, menurut Edy, antusiasme pemilih mau menggunakan hak pilihnya cukup besar. Indikasinya, kendati di tengah pandemi Covid-19, persentase kehadiran mencapai 84,66 persen atau 43.155 pemilih dari total 54.538 daftar pemilih tetap (DPT). "Surat suara sah ada 42.603, sedangkan surat surat suara tidak sah ada 437 surat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Ngares, Kecamatan Trenggalek, Sardi membenarkan, hasil perolehan surat suara petahana pada Pilkades 2021 berada di bawah cakades baru. "Nomor urut 2 (petahana, Red) memperoleh hasil 1.223 suara, sedangkan nomor urut 1 memperoleh 1.844 suara," ujarnya.

Dengan selesainya tahapan pemungutan surat suara serta menemukan hasil perolehan surat suara, tahapan Pilkades serentak 2021 selanjutnya adalah penetapan kades. (*)

(rt/pur/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news