alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Urus SIM Harus Datang ke Polres

05 April 2021, 10: 17: 38 WIB | editor : Alwik Ruslianto

LAKUKAN PROSESNYA: Pemohon SIM ketika menunggu giliran untuk foto di Satpas Trenggalek kemarin

LAKUKAN PROSESNYA: Pemohon SIM ketika menunggu giliran untuk foto di Satpas Trenggalek kemarin (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Masyarakat Bumi Menak Sopal dan sekitarnya yang mau mengurus surat izin mengemudi (SIM) harus bisa menyempatkan waktu untuk datang sendiri ke Satpas Polres Trenggalek. Pasalnya, petugas hanya memperbolehkan pengurus sendiri yang ke lokasi satpas untuk hal itu.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan untuk mengajarkan pemohon SIM agar tertib dan disiplin dalam mengikuti setiap prosesnya. Sehingga harus melalui tahapan demi tahapan yang telah diatur dan tidak mempercayakan kepengurusan SIM tersebut kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. "Dengan mengurus SIM sendiri, membuat masyarakat melalui tiap prosesnya sehingga bisa menghilangkan anggapan mengurus SIM itu sulit. Seperti yang digemborkan oknum yang tak bertanggung jawab," katanya.

Dia melanjutkan, semua pemohon akan mudah mendapatkan SIM sesuai yang diinginkan jika patuh terhadap tahapan yang dijalankan. Apalagi dalam hal ini petugas telah melakukan berbagai inovasi, demi kemudahan masyarakat dalam proses pemohonan SIM. Salah satunya dengan memberikan hadiah bagi pemohon yang mau mengurus SIM sendiri. "Salah satu program yang ada pada kami adalah Simbah Mantap dengan memberikan hadiah bagi pemohon yang diundi setiap tiga bulan sekali. Tujuannya, agar mereka memiliki rasa bangga setelah mengurus SIM di Satlas Polres Trenggalek," imbuhnya.

Baca juga: Ati-ati Montoran Pas Udan

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih menambahkan, rata-rata dalam setiap harinya ada kurang dari 100 pemohon SIM yang datang ke Satpas Polres Trenggalek. Apalagi kini berdasarkan perintah dari Mabes Polri, akan diberlakukan pengurusan SIM online. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan, apalagi di era pandemi Covid-19 ini. "Ini akan kami sosialisasikan jika sudah diberlakukan. Masyarakat bisa langsung melakukan pengurusan di rumah saja," jelasnya.

Hal tersebut diakui oleh salah satu pemohon SIM asal Kelurahan Ngantru, Trenggalek, Joko Ruswanto. Memang sebelumnya ketika akan mengurus SIM dirinya kebingungan dengan apa yang harus dilakukan guna memenuhi persyaratannya. Namun setelah datang langsung, dirinya merasa terbantu. Sebab, petugas membantu jalannya proses pengurusan dari awal hingga akhir. "Saya sangat terbantu. Apalagi ditambah jadi pemenang hadiah undian," akunya. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news