alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar
Wali Kota Santoso

Semakin Mudah, Cepat, dan Transparan

Resmikan Pusat Pelayanan Publik

06 April 2021, 09: 19: 38 WIB | editor : Jessica AP

INOVASI PELAYANAN: Wali Kota Santoso menggunting rangkaian melati tanda peresmian pusat pelayan publik disaksikan para anggota Forkopimda Kota Blitar di Blitar Square, kemarin (5/4).

INOVASI PELAYANAN: Wali Kota Santoso menggunting rangkaian melati tanda peresmian pusat pelayan publik disaksikan para anggota Forkopimda Kota Blitar di Blitar Square, kemarin (5/4). (HUMAS DAN PROTOKOL PEMKOT BLITAR FOR RADAR BLITAR)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar- Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar meresmikan Pusat Pelayanan Publik, kemarin (5/4). Lokasinya, di lantai dua Blitar Square. Itu juga menjadi bukti nyata pemkot terkait pelayanan kepada masyarakat.

Peresmian ditandai pemukulan gong oleh Wali Kota Blitar Santoso. Acara tersebut disaksikan para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Blitar, sejumlah Kepala OPD, serta perwakilan intansi terkait lainnya. Kantor pelayanan terpadu tersebut diharapkan bisa semakin mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi maupun perizinan.

Wali Kota Blitar Santoso menyatakan, ada lima jenis pelayanan yang beroperasi di kantor pelayanan terpadu itu. Di antaranya, pelayanan perpanjangan SIM, pelayanan pembayaran pajak, pelayanan perizinan usaha, pelayanan Bank Jatim, hingga pelayanan keimigrasian. "Pembukaan pelayanan ini dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: UMM Kembangkan RS Darurat Penanganan Covid-19

Dia mengatakan, melalui kantor pelayanan terpadu itu, masyarakat akan dilayani dengan cepat serta transparan. Semua tahapan dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. "Dengan begitu masyarakat diharapkan bisa benar-benar mendapatkan pelayanan yang terbaik. Mulai dari layanan SIM, pajak, hingga izin usaha. Lebih mudah dan cepat," katanya.

Menurut Santoso, pelayanan di kantor pelayanan terpadu tersebut dijamin transparan sesuai prosedur. Semua tahapan dilakukan dengan tertib, termasuk biaya pelayanan serta waktu pelayanannya.

Ke depan, pemkot akan menambah jumlah layanannya secara bertahap. Untuk sementara ini, dibuka lima pelayanan terlebih dahulu sambil melihat animo masyarakat Kota Blitar. "Semoga ini juga bisa mendongkrak jumlah pengunjung di Blitar Square. Sambil berbelanja, masyarakat bisa datang ke sini mengurus perpanjangan SIM maupun perizinan usaha dan lain sebagainya," tandas pria ramah itu.

Wali Kota Blitar Santoso, juga mengunjungi masing-masing stan pelayanan yang ada di kantor tersebut. Di sana dia melihat proses atau alur pelayananya secara langsung. Seperti layanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Di kantor pelayanan  terpadu itu, masyarakat bisa membayar PBB secara online. Masyarakat bisa datang langsung ke stan layanan milik BPKAD, lantas didampingi petugas pembayaran PBB.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Blitar Santoso juga membayar PBB P2 secara online melalui mobile banking. Hal tersebut sekaligus sebagai panutan seluruh wajib pajak daerah di Kota Blitar. Diharapkan seluruh pejabat dan ASN Pemkot Blitar Blitar, mengikuti sebagai panutan masyarakat untuk taat dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak daerah. (*) 

(rt/kan/esi/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news