alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radartulungagung
Home > Politik
icon featured
Politik

Geliat Wisata Tulungagung Diapresiasi Gus Ami Wakil Ketua DPR RI

Bukti Dana Desa Digunakan secara Tepat dan Pr

06 April 2021, 09: 39: 27 WIB | editor : Bella Orlandis

KOMPAK :  Wakil Ketua Wakil Ketua DPR RI, Dr H. A. Muhaimin Iskandar berfoto bersama rombongan di salah satu spot foto Nangkula Park.

KOMPAK : Wakil Ketua Wakil Ketua DPR RI, Dr H. A. Muhaimin Iskandar berfoto bersama rombongan di salah satu spot foto Nangkula Park. (SITI NURUL LAILIL M / RATU)

BOYOLANGU, Radar Tulungagung - Geliat wisata desa di Kabupaten Tulungagung mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPR RI bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Dr H. Abdul Muhaimin Iskandar, MSi, saat berkunjung di Nangkula Park, Senin (5/4) kemarin. Sebab keberadaanya mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat serta kemandirian desa.

“Saya bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap wisata desa yang tumbuh dan dirintis melalui anggaran dana desa. Ini inovasi yang baik dan bisa menjadi pemasukan bagi desa sekaligus menghibur masyarakat desa,” ucap wakil Ketua DPR RI, Dr H. A. Muhaimin Iskandar, MSi, atau pria yang sering disapa Gus Ami ini.

Dalam kunjungannya, politisi asal Jombang ini didampingi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Adib Makarim, Bupati Tulungagung yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tulungagung, Budi Fatahillah serta forum pimpinan kecamatan (forpimcam) dan tokoh masyarakat itu langsung meresmikan Balai Urip Iku Urup Nangkula Park serta pelepasan ribuan bibit ikan nila, tawes dan tombro di area wahana edukasi pertanian.

Baca juga: Mudahkan Masyarakat Urus Izin Usaha di Luar Jam Kerja

Dia berharap usai diresmikannya balai tersebut mampu menarik para pengunjung baik lokal maupun luar kota untuk berkunjung. Terlebih Nangkula Park yang dikelola BUMDes Larasati itu memiliki banyak wahana. Di antaranya wahana hiburan ada spot foto yang instagramable, seperti adanya keberadaan keris raksasa jangkung mangkurat, taman celosia; wahana olahraga ada jogging track dan lapangan sepak bola serta wahana edukasi untuk pertanian dan perikanan.

“Nangkula Park ini salah satu yang sukses. Ini menjadi bukti dana desa digunakan secara tepat dan produktif ,” katanya.

Ketua Umum PKB ini meminta seluruh desa juga dapat mengikuti jejak Nangkula Park. Yaitu dengan memanfaatkan dana desa secara produktif sesuai potensi dan kreatifitas desa. Dengan begitu, kesejahteraan dapat dicapai.

“Desa-desa lain bisa menggunakan dana desa yang produktif untuk apa saja dan memungkinkan memberikan hasil buat kas desa. Sejalan itu, BUMDes juga harus dikembangkan,” tungkasnya.

Dalam kunjungan gus Ami di Tulungagung kemarin, ada moment cukup menarik perhatian. Sejumlah ibu-ibu yang merupakan pengunjung Nangkula Park meneriakkan yel-yel "Gus Ami Presiden RI 24".

Ditempat lain, hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini. Dia mengapresiasi pemerintah Desa Kendalbulur yang mampu mengelola BUMDesnya dengan baik. Bahkan pendapatan didapat juga cukup fantastis. Pertahun bisa mencapai Rp 2 miliar sekian. Itu tak lepas dari kreatifitas desa yang memanfaatkan potensi yang ada.

“Luar biasa. Begitu juga tentang inovasi minapadi. Ide yang tidak muluk-muluk dengan memanfaatkan potensi yang ada dapat mensejahterakan masyarakat,” terangnya.

Wasekjen DPP PKB ini berharap desa lain mengikuti jejak Desa Kendalbulur ini. Apalagi dari komisi IV DPR RI terus mendorong desa untuk mendapat posisi dan peluang lebih tinggi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “Termasuk soal pupuk. Kita hari ini sedang panja pupuk subsidi. Ini bukti keseriusan kita mengawal itu,” tandasnya.

Ketua DPC PKB Kabupaten Tulungagung Adib Makarim mengatakan, sesuai arahan Gus Ami, BUMDes harus dikelola dengan baik. Karena pengelolaan yang baik serta semakin berkembangnya BUMDes, maka masyarakat desa semakin sejahtera.  “Harapan kami semoga ini jadi support desa lain untuk mengelola BUMDes dengan baik agar kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” tandasnya.

Sebelum meresmikan Balai Balai Urip Iku Urup Nangkula Park, Wakil Ketua DPR RI, Dr H. A Muhaimin Iskandar, MSi, beserta rombongan yang juga ada Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB M. Hasanuddin Wahid yang merupakan anggota DPR RI lebih dulu menghadiri Muktamar Pemikiran Dosen PMII di UIN Satu Tulungagung. (*)

(rt/lai/bel/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news