alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radartulungagung
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Deteksi Narkoba, Geledah Lapas dan Tes Urine Napi

Temukan Kartu Remi, Sabuk, dan Uang Koin

07 April 2021, 11: 57: 38 WIB | editor : Alwik Ruslianto

DETEKSI DINI: Petugas BNN Kabupaten Blitar melakukan tes urin terhadap sejumlah napi kasus narkoba Lapas Kelas IIB Blitar, kemarin (6/4).

DETEKSI DINI: Petugas BNN Kabupaten Blitar melakukan tes urin terhadap sejumlah napi kasus narkoba Lapas Kelas IIB Blitar, kemarin (6/4). (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/ RADAR BLITAR)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Suasana Lapas Kelas IIB Blitar yang tenang pada Selasa sore kemarin (6/4) mendadak tegang. Itu setelah sejumlah petugas gabungan dari BNN Kabupaten Blitar, polisi, dan lapas, menggeledah kamar warga binaan. Tak hanya itu, warga binaan lapas diminta tes urine.

Sekitar pukul 15.30 petugas gabungan langsung menuju kamar tahanan di blok A dan C. Petugas menyebar, lantas meminta para napi yang berada di dalam kamar ke luar. Penggeledahan pun dilakukan.

Sejumlah barang di dalam kamar napi itu diperiksa secara teliti. Tas, kasur, dan barang lainnya. Hasilnya, tidak ditemukan benda-benda mencurigakan, seperti senjata tajam, ponsel, hingga narkoba. Petugas hanya menemukan barang berupa kartu remi, sabuk, sejumlah uang koin, kabel, dan baterai.

Baca juga: PT Mega Perkakas Abadi Jakarta Serahkan Bantuan Mesin Pemotong

"Hasil penggeledahan tidak ditemukan narkoba, sajam maupun ponsel. Namun, ini kami temukan sabuk dan cukup berbahaya karena takutnya dijadikan hal-hal yang tidak diinginkan seperti bunuh diri," kata Plt Kepala Lapas Kelas IIB Blitar Tatang Suherman di lokasi, kemarin (6/4).

Petugas juga melakukan tes urine kepada sejumlah napi dan tahanan lapas kasus narkoba. Beberapa petugas lapas juga menjalalni tes tersebut. Ada 25 sampel urine yang diuji untuk mendeteksi adakah kandungan narkoba atau tidak. Hasilnya, tidak ditemukan indikasi penggunaan narkoba. Semua sampel urine negatif.

"Tes urine ini kami lakukan untuk mengantisipasi terjadi peredaran narkoba di dalam lapas. Khususnya terhadap napi maupun tahanan kasus narkoba," tegas pria yang juga Kepala LPKA Kelas I Blitar ini.

Penggeledahan dan tes urine digelar dalam rangka Hari Bakti Kemasyarakatan. Lapas bersinergi dengan aparat terkait untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan lapas. Selain itu, menciptakan situasi yang aman dan kondusif.  (*)

(rt/kan/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news