alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Razia Kamar WBP, Temukan Puluhan Benda Ilegal

07 April 2021, 13: 19: 08 WIB | editor : Alwik Ruslianto

DILARANG: Plt Kepala Rutan Dadang (paling kanan) bersama tim gabungan menunjukkan puluhan benda ilegal yang didapat dari kamar WBP.

DILARANG: Plt Kepala Rutan Dadang (paling kanan) bersama tim gabungan menunjukkan puluhan benda ilegal yang didapat dari kamar WBP. (ZAKI JAZAI/RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas IIB Trenggalek masih menyimpan berbagai barang yang tidak boleh ada di kamar tahanan. Terlihat ketika petugas rutan bersama tim gabungan dari TNI, Polri, dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Trenggalek menggelar razia dengan menyasar seluruh ruangan para tahanan pada Senin kemarin (5/4).

Hasil penyasaran yang dilakukan tim gabungan sekitar pukul 19.00 WIB selama satu jam lebih, didapat puluhan benda ilegal tersimpan dan disembunyikan para WBP di tempat tidurnya. Puluhan benda ilegal tersebut seperti kabel, garpu, sendok, gunting, pisau, paku, alat cukur kumis, serta benda lainnya. Mendapati hal tersebut,  petugas langsung mengamankannya karena dikhawatirkan akan disalahgunakan WBP. "Semua barang ini sangat meresahkan. Makanya disita karena ada kemungkinan akan disalahgunakan. Seperti pisau yang bisa digunakan untuk melukai sesama," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas II B Trenggalek Dadang Rais Saputra.

Dia melanjutkan, razia tersebut dilakukan malam hari agar pelaksanaannya tetap kondusif. Sebab, di malam hari, seluruh WBP tidak ada kegiatan dan semua wajib berada di kamar. Dengan begitu, jika ada yang membawa barang, akan langsung ketahuan siapa yang membawanya. Sebab, mereka tidak bisa membuangnya seperti yang dilakukan di pagi hari.

Baca juga: Warga Bendungan Keok di Kasasi

Selain itu, razia kali ini bertujuan menumpas peredaran narkoba di rutan. Sebab, beberapa waktu lalu sempat terjadi upaya penyelundupan narkoba di rutan, tapi bisa dicegah. "Sementara ini kami tidak menemukan adanya narkoba yang disimpan. Kendati demikian, razia serupa akan terus kami lakukan," katanya.

Sementara itu, Kasi Pemberantasan BNNK Trenggalek Kompol Susetya Budi Utama mengatakan, razia di rutan bertujuan menumpas peredaran gelap narkoba sudah sekian kali dilakukan. Kendati hasilnya nihil, hal tersebut akan terus dilakukan agar zero narkoba betul bisa diterapkan. "Pastinya jika kegiatan serupa kembali dilaksanakan, kami siap membantu menyukseskan," imbuhnya. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news