alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Realisasi Penyempurnaan Gor Mundur dari Jadwal Awal

08 April 2021, 13: 08: 15 WIB | editor : Alwik Ruslianto

PELAN-PELAN: Seorang warga sedang bersepeda melintasi jalan dekat Gor, beberapa waktu lalu.

PELAN-PELAN: Seorang warga sedang bersepeda melintasi jalan dekat Gor, beberapa waktu lalu. (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Rencana penyempurnaan bangunan gedung olahraga (Gor) di kabupaten keluar jadwal. Semula paket konstruksi tersebut dijadwalkan akan mulai dikerjakan pada awal April. Namun akibat refocusing anggaran yang tak kunjung final, pekerjaan konstruksi menjadi terganggu. 

Melalui data dari inaproc.id, pagu anggaran belanja modal bangunan Gor untuk peningkatan atau penyempurnaan tahap pertama mencapai Rp 3,1 miliar yang bersumber dari APBD induk. Paket pekerjaan konstruksi itu memasuki tahap tender di unit layanan pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek sejak awal Maret 2021 dan periode pekerjaan pada awal April 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Trenggalek Totok Rudijanto membenarkan, pagu anggaran untuk menyempurnakan bangunan Gor senilai Rp 3,1 miliar, tapi nilai anggaran itu kemungkinan menurun karena terdampak refocusing anggaran. Hanya, penurunan itu tidak sampai habis, tapi terpotong sekian persen, meskipun belum diketahui berapa penurunannya. "Belum, ini kita menunggu digedok-nya refocusing," ungkapnya. 

Baca juga: Rochman Syai'in, Mahasiswa yang Geluti Kaus Cabut Warna

Diakuinya, penurunan nilai pagu akan berdampak pada pergeseran rencana awal penyempurnaan Gor. Misal ketika terkena refocusing Rp 1 atau 2 miliar, maka beberapa rencana seperti pengecatan gedung akan diurungkan. Perencanaan akan lebih diprioritaskan untuk fasilitas yang bersifat vital. Misal pembangunan kamar mandi atau toilet. Meski begitu, perubahan perencanaan tetap melibatkan konsultan untuk menyesuaikan anggaran yang tersisa. "Intinya, Gor bisa segera dipakai meskipun belum final," ujarnya.

Sebelumnya sekitar pertengahan Januari 2021, disdikpora memberikan sinyal terkait penyempurnaan fasilitas Gor. Secara garis besar, fisik Gor sudah selesai dibangun dari anggaran Kemenpora. Namun, pembangunan tersebut sebatas fisik luar sehingga perlu penyempurnaan lebih lanjut melalui anggaran dari Pemkab Trenggalek. (*)

(rt/pur/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news