alexametrics
Jumat, 22 Oct 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar
Dispendik Kota Blitar

Ajak Siswa Berkompetisi dan Berprestasi dari Rumah

Gelar Festival Talenta 2021

09 April 2021, 08: 39: 01 WIB | editor : Jessica AP

PERCAYA DIRI: Peserta lomba pildacil menampilkan kemampuannya di depan dewan juri.

PERCAYA DIRI: Peserta lomba pildacil menampilkan kemampuannya di depan dewan juri. (DISPENDIK KOTA BLITAR FOR RADAR BLITAR)

SANANWETAN, Radar Blitar - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Blitar sukses menggelar Festival Talenta Siswa SD tahun 2021. Ada tiga bidang lomba pada festival yang digelar dengan melibatkan semua siswa SD/MI negeri dan swasta se-Kota Blitar. Festival yang digelar secara daring atau online ini mengusung tema “Berprestasi dari Rumah, Jujur adalah Juara”.

Plt Kepala Dispendik Kota Blitar Samsul Hadi melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Didit Rahman Hidayat mengatakan, festival talenta siswa ini memang digelar setiap tahun untuk para siswa di tingkat SD. Festival talenta ini digelar secara online karena pandemi Covid-19. "Kami sengaja mengusung tema ‘Berprestasi dari Rumah, Jujur adalah Juara’ karena seluruh rangkaian lomba dilakukan secara online," ujarnya kemarin (8/4).

Didit menegaskan, kegiatan festival talenta siswa diikuti oleh semua siswa jenjang SD/MI, baik negeri maupun swasta. Sebanyak 1.415 siswa berpartisipasi sebagai peserta dalam tiga bidang perlombaan.

Baca juga: 642 Wajib Pajak Ajukan Evaluasi

LUGAS: Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Dispendik Kota Blitar Didit Rahman Hidayat membuka kegiatan Festival Talenta Siswa SD 2021.

LUGAS: Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Dispendik Kota Blitar Didit Rahman Hidayat membuka kegiatan Festival Talenta Siswa SD 2021. (DISPENDIK KOTA BLITAR FOR RADAR BLITAR)

"Pelaksanaannya mulai 8 Maret hingga 6 April 2021 lalu melalui website resmi Dispendik Kota Blitar. Tiga bidang lomba yaitu seni, jambore UKS (usaha kesehatan sekolah), dan jambore religi. Dari tiga bidang itu, ada sekitar 20 cabang lomba," ungkapnya.

Ada tiga sistem ataupun metode penilaian yang digunakan dalam festival talentas siswa tersebut. Di antaranya metode seleksi video hingga penilaian perlombaan secara online menggunakan Zoom. Kemudian penilaian secara langsung oleh dewan juri, tapi tetap menggunakan aplikasi daring.

"Kalau yang langsung itu misalnya kriya anyam. Jadi selama siswa membuat karya di-shooting oleh gurunya dan dipantau langsung oleh juri. Yang terakhir, seleksi tes tulis atau e-screening," jelasnya.

Didit mengatakan, pihaknya telah menentukan pemenang untuk setiap cabang perlombaan. Namun, penyerahan hadiah belum bisa dilakukan karena masih menunggu surat keterangan (SK) pemenang. Pihaknya menargetkan, penyerahan hadiah akan digelar dalam waktu dekat.

"Yang jelas tujuannya memang untuk mencetak siswa yang berprestasi meskipun di tengah pandemi. Ini juga menjadi seleksi awal bagi siswa yang akan mengikuti perlombaan di tingkat provinsi dan nasional. Mereka ini nanti yang akan mewakili nama Kota Blitar," tegasnya. (*) 

(rt/ima/esi/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news