alexametrics
Selasa, 18 May 2021
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Sempat Padam, Jaringan Listrik Aman

12 April 2021, 12: 18: 15 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa)

SANANWETAN, Radar Blitar - Pascagempa yang terjadi sekitar pukul 14.00 pada Sabtu lalu (10/4). Ratusan rumah dan fasilitas umum dilaporkan mengalamai kerusakan. Salah satunya jaringan listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Di wilayah Blitar, jaringan listrik yang terdampak gempa tidak signifikan. Namun, beberapa titik mengalami kerusakan jaringan dan putus. Bahkan, sempat terjadi pemadaman sementara.

Manajer PLN Blitar Sukardi memastikan, jaringan listrik di wilayah Blitar masih aman. Kerusakan yang terjadi masih dalam kategori ringan. "Petugas kami sudah cek dan langsung lakukan perbaikan pascagempa pada Sabtu itu," terangnya kepada Koran ini kemarin (11/4).

Beberapa jaringan yang dilaporkan rusak atau putus itu ada di wilayah Kecamatan Kademangan dan di Kelurahan Sentul, Kota Blitar. Akibat kerusakan itu, listrik sempat padam pascagempa berkekuatan magnitudo 6,1 SR yang berpusat di wilayah selatan Kabupaten Malang itu.

Sementara itu, untuk infrastruktur lain milik Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar seperti gedung juga dilaporkan terdampak. Jumlahnya tidak banyak. Hanya beberapa gedung milik organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengalami rusak ringan.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar Dindin Ali Nurdin mengatakan, kerusakan yang terjadi pada gedung sementara tercatat ada dua titik. Yakni bangunan RSUD Mardi Waluyo dan kantor inspektorat. "Untuk perbaikannya sudah ditangani oleh OPD masing-masing," terangnya.

Sementara untuk infrastruktur yang berada di bawah kewenangan PUPR, jelas dia, sejauh ini belum ada laporan kerusakan. Meski demikian, dinas PUPR terus berkoordinasi dengan BPBD untuk memantau kondisi infrastruktur pascagempa. "Apabila terjadi kerusakan infrastruktur, tentu akan kami tindak lanjuti," tandasnya. (*)

(rt/kan/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news