alexametrics
Senin, 21 Jun 2021
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Terus Bebaskan Lahan Bendungan Bagong

21 April 2021, 13: 19: 51 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis

BENDUNGAN, Radar Trenggalek - Panitia pelaksanaan pembebasan lahan Bendungan Bagong harus segera menyelesaikan proses pembebasan lahan terdampak pembangunan. Hal itu dilakukan agar proses pembangunan salah satu proyek strategis nasional (PSN) tersebut bisa berjalan sesuai jadwal.

Apalagi dari total 1.500 bidang lahan terdampak pembangunan, di bulan ini masih ada 294 bidang lahan yang siap dinilai. Sehingga jika hal tersebut tidak segera disikapi, ditakutkan proses pembangunan Bendungan Bagong bisa molor. "Dari situ, dalam waktu dekat ini kami akan mengumumkan berapa bidang yang telah dinilai," ungkap Sekretaris Panitia Pelaksana Pembebasan Lahan Bendungan Bagong M. Nur Fathoni.

Dia melanjutkan, sedangkan untuk kisaran berapa harganya terkait bidang lahan tersebut panitia tidak bisa menyampaikannya. Sebab, penentuan harga tersebut berdasarkan proses appraisal Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP). Sehingga hasil appraisal tersebut yang nantinya sebagai patokan harga berapa yang harus dibayar pemkab untuk proses pembebasan lahan. "Jadi, penentuan harga tersebut merupakan wewenang KJPP dan kami hanya mengumumkannya saja," katanya.

Baca juga: Cara Unik Ngaride Motor Woman, Peringati Hari Kartini 2021

Sehingga kemungkinan harga tersebut akan variatif setiap bidangnya. Sebab, pihak appraisal memiliki teknik sendiri dalam melakukan penilaian. Seperti letak lahan tersebut, apa kegunaannya, nilai tegakan atau tanaman yang ada, dan sebagainya. Untuk itu, panitia terus melakukan pertemuan dengan masyarakat terdampak pembangunan agar tidak ada kecemburuan antarpemilik lahan. "Pertemuan akan terus kami lakukan agar semua memahami proses pembebasan lahan hingga pembayaran ganti untung. Dalam minggu ini akan banyak bidang yang akan kami umumkan," jelas pria yang akrab disapa Toni ini. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news