alexametrics
Senin, 20 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Politik

Libatkan 11 Unsur Keterwakilan

Pemilik Hak Suara PAW Kades Salamrejo

14 Juni 2021, 13: 52: 29 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Kutipan

Kutipan

KARANGAN, Radar Trenggalek - Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Salamrejo, Kecamatan Karangan harus segera menyelesaikan tahapan demi tahapan untuk menentukan pemimpinnya. Pasalnya, pemilihan kepala desa (pilkades) pengganti antar waktu (PAW) di desa tersebut harus dilakukan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Edy Soepriyanto mengatakan, dalam proses pilkades PAW tersebut, DPMD telah melakukan rapat dengan DPRD Trenggalek. Telah disepakati bahwa penyelesaian kekosongan kades definitif di Desa Salamrejo akan dilaksanakan pilkades melalui mekanisme pengisian antarwaktu. Hal ini mengacu UU Nomor 6 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 65 Tahun 2017. "Selain itu, juga telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 53 Tahun 2016 sehingga kami memiliki pedoman teknis untuk melaksanakannya," katanya.

Dia melanjutkan, dari situ proses pilkades PAW pemilih bukan seluruh warga yang berusia dewasa seperti pilkades ada umumnya, melainkan keterwakilan unsur tokoh masyarakat. Nantinya ada sekitar 11 unsur keterwakilan masyarakat yang memiliki hak suara. Untuk keterwakilan unsur masyarakat tersebut akan dipilih melalui musyawarah. "Jadi pemilihan 11 tokoh masyarakat yang memiliki hak suara itu dilakukan berdasarkan musyawarah mufakat," ungkapnya.

Itu dilakukan karena roh dalam pilkades PAW kali ini adalah musyawarah mufakat, kendati nanti tetap dibentuk panitia pemilihan. Sehingga dalam proses pemilihan nanti, penentuan kades terpilih bisa melalui aklamasi atau voting. Untuk itu, diharapkan dalam waktu dekat ini pemdes bersama BPD terus melakukan musyawarah desa (musdes) untuk melakukan tahapan demi tahapan pilkades PAW tersebut. Sebab, musdes perlu dilakukan untuk perencanaan biaya yang dibebankan pada APBDes dan pembentukan panitia pemilihan serta berbagai proses lainnya. "Dalam musyawarah nanti akan ditentukan peserta dan penjaringan calon yang akan daftar serta skema pemilihan. Sedangkan untuk persyaratan calon kades persyaratan sama dengan pilkades pada umumnya," jelas Edy.

Hal tersebut diakui oleh Penjabat (Pj) Kades Salamrejo Bambang Dwi Putranto. Dia menambahkan, terkait musdes tersebut, pemdes telah melakukannya. Tahap awal yang dilakukan musdes yakni pembentukan dan pelantikan panitia pilkades PAW. Sehingga panitia tersebut yang nantinya bertanggung jawab terkait proses tersebut hingga didapat calon terpilih. "Kami masih memiliki waktu untuk melakukannya. Sebab berdasarkan Permendagri Nomor 65 Tahun 2017, ada waktu maksimal 6 bulan untuk proses pengisian kades PAW," imbuhnya. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news