alexametrics
Minggu, 25 Jul 2021
radartulungagung
Home > Politik
icon featured
Politik

Tatib Sudah, Rekom Nasdem Tak Jelas

07 Juli 2021, 13: 19: 39 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa)

KOTA, Radar Tulungagung – Partai  Nasional Demokrat (Nasdem) tak kunjung mengeluarkan nama calon wakil bupati (cawabup) untuk mengisi kekosongan kursi pendamping bupati hingga kini. Dengan kondisi itu, alhasil proses politik terhenti.

Sesuai aturan parpol pengusung berhak merekomedasikan (rekom) nama cawabup. Nasdem dan PDI Perjuangan pada Pilkada 2018 lalu mengusung Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo.

Dari PDI Perjuangan sudah merekom Gatut Sunu Wibowo sebagai cawabup. Namun Nasdem masih belum ada titik terang. “Sudah mengirimkan nama-nama (cawabup, Red) ke DPP karena pusat yang menentukan,” terang Ketua DPD Nasdem Tulungagung Ahmad Djadi, kemarin (6/7).

Baca juga: Kebutuhan Oksigen Naik 300 Persen, Stok Aman di RSUD Iskak

Dari DPD tentu sepenuhnya menyerahkan ke DPP. Sebab sesuai dengan garis komando partai. Jadi di daerah tidak berani memastikan kapan rekomendasi akan turun. ”Berharap secepat mungkin ada nama cawabup, bahkan kalau tidak situasi seperti sekarang ini akan ke Jakarta,” tandasnya.

Sementara itu proses penyusunan tata tertib (tatib) untuk pelaksanaan pemilihan  cawabup di DPRD Tulungagung sudah rampung. “Tatib pemilihan cawabup sudah selesai,” terang Sekretaris DPRD Tulungagung Sudarmadji.

Terkait tahapan selanjutnya, masih akan menunggu usulan dua nama cawabup dari bupati. Jika memang nanti bupati sudah mengirimkan nama-nawa cawabup, akan ada pembentukan panitia pemilihan (panlih).

Untuk diketahui, kekosongan kursi wabup di Tulungagung itu setelah mantan bupati Syahri Mulyo terjaring operasi tangkap tangan KPK pada tahun 2018. Usai proses sidang dan berkekuatan hukum tetap, Syahri Mulyo diberhentikan jadi bupati. Maryoto Birowo saat itu menjabat wabup  naik jabatan menjadi bupati usai dilantik Manteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Agustus 2019. (*) 

(rt/rak/alwk/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news