alexametrics
Minggu, 19 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Omzet PKL Terjun Bebas

08 Juli 2021, 10: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

KEADILAN: Tampak beberapa PKL sedang berjualan di tepi jalan. Selama pemberlakuan PPKM darurat, banyak PKL yang merugi.

KEADILAN: Tampak beberapa PKL sedang berjualan di tepi jalan. Selama pemberlakuan PPKM darurat, banyak PKL yang merugi. (MUHAMMAD HAMMAM DEFA SETIAWAN/RATU)

KEDUNGWARU, Radar Tulungagung - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Tulungagung ternyata membuat para pedagang kaki lima (PKL) menjerit. Pasalnya, tiga hari PPKM darurat ini, pendapatan PKL terjun bebas. Mereka meminta diberikan kelonggaran agar bisa berjualan sedikit lama ketika malam hari.

Pengurus LSM PKL Welas Asih, Setyo Budi mengatakan, diberlakukannya PPKM darurat sangat berdampak pada PKL. Setidaknya 90 persen pendapatan PKL turun signifikan. Hal ini karena kebanyakan PKL yang berjualan di malam hari hanya bisa berjualan selama satu jam saja. “Kami mulai persiapan itu sejak sore hingga pukul 19.00. Setelah itu kami hanya bisa berjualan satu jam saja. Dengan waktu yang seperti itu, apa bisa mengembalikan modal jualan PKL? Kan malah lebih banyak ruginya,” tuturnya.

Disinggung mengapa tidak berjualan pada siang hari, pria berkumis itu menjelaskan, sebelumnya harus diketahui bahwa PKL itu memiliki segmen pasar yang berbeda-beda. Ada yang segmen berjualannya di siang hari, ada malam hari. Banyak pedagang dengan segmen malam hari merugi selama pemberlakuan PPKM darurat ini. Seperti penjual sate ayam, nasi goreng, jagung rebus, angkringan, dan masih banyak lagi. “Ini teman saya jualan kacang rebus, dia tidak bisa berjualan. Lha wong hanya diberikan satu jam saja kok. Itu dirasakan oleh semua anggota saya, sekitar 43 PKL di kota,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mempertanyakan apakah penyebaran Covid-19 pasti di malam hari saja. Sedangkan pada siang hari, apakah tidak memungkinkan adanya penyebaran Covid-19. (*)

(rt/mam/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news