alexametrics
Senin, 20 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi
Pengurus LSM PKL Welas Asih :

Kalau Hanya Malam Hari Saja, Ini Kan Tidak Adil

08 Juli 2021, 10: 40: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

KEADILAN: Tampak beberapa PKL sedang berjualan di tepi jalan. Selama pemberlakuan PPKM darurat, banyak PKL yang merugi.

KEADILAN: Tampak beberapa PKL sedang berjualan di tepi jalan. Selama pemberlakuan PPKM darurat, banyak PKL yang merugi. (MUHAMMAD HAMMAM DEFA SETIAWAN/RATU)

KEDUNGWARU, Radar Tulungagung - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Tulungagung ternyata membuat para pedagang kaki lima (PKL) menjerit. Pasalnya, tiga hari PPKM darurat ini, pendapatan PKL terjun bebas. Mereka meminta diberikan kelonggaran agar bisa berjualan sedikit lama ketika malam hari.

Pengurus LSM PKL Welas Asih, Setyo Budi mengatakan, penyebaran Covid-19 ini tidak ada hubunganya dengan waktu. Maka dari itu, jika pemerintah ingin melakukan pengetatan untuk menekan penyebaran Covid-19, seharusnya jangan hanya pada malam hari. Tapi pengetatan juga dilakukan pada siang hari. “Kalau hanya malam hari saja, ini kan tidak adil. Kalau pilih kasih seperti ini, kasihan PKL yang berjualan di malam hari,” terangnya.

Budi, sapaan akrabnya menambahkan, banyak PKL yang tidak mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah. Hal itu karena hampir semua PKL pasti memiliki pinjaman di bank untuk menambah modal. Dengan seperti itu, banyak PKL yang tidak bisa mendapatkan bantuan tersebut karena terhambat persyaratannya. “Semua pedagang pasti punya pinjaman. Sedangkan dalam aturan, ketika pedagang memiliki pinjaman, tidak bisa mendapatkan. Kami itu hanya ingin bisa makan saja,” tambahnya.

Pria asal Desa Beji, Kecamatan Boyolangu, itu berharap kepada pemerintah untuk lebih bisa memperhatikan nasib PKL. Jika pemerintah menerapkan kebijakan tanpa mempertimbangkan nasib pedagang, hal ini juga sangat disayangkan. Jangan sampai ada pilih kasih dalam menerapkan semua kebijakan. “Dan tolong untuk bantuan dari pemerintah, beri perhatian kepada PKL,” ujarnya. (*)

(rt/mam/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news