alexametrics
Minggu, 19 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Bulog Hentikan Penyerapan, Harga Beras di Pasaran Turun

Stok Melimpah

09 Juli 2021, 10: 10: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

STOK MELIMPAH: Petugas melakukan pengecekan ketersediaan beras Bulog di Gudang Pulosari beberapa waktu lalu.

STOK MELIMPAH: Petugas melakukan pengecekan ketersediaan beras Bulog di Gudang Pulosari beberapa waktu lalu. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung - Melimpahnya ketersediaan beras untuk pengadaan cadangan beras pemerintah (CBP) rupanya berbuntut panjang. Sebab, melimpahnya stok untuk CBP ini membuat Perum Bulog menghentikan sementara waktu proses penyerapan sejak sepekan terakhir. Tak ayal, kondisi ini dikeluhkan oleh sejumlah petani maupun supplier beras di Kota Marmer.

Seperti yang dirasakan oleh Moh. Fahrul Rozi, salah satu supplier beras asal Kecamatan Ngantru. Dia mengeluh tidak dapat lagi melakukan penjualan beras kepada Perum Bulog. Padahal, Perum Bulog merupakan satu-satunya penyerap beras terbesar. “Tentu kami kesulitan apabila hanya menjual beras kami di pasar saja. Itu karena jumlah beras kami melimpah,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Rozi ini melanjutkan, kondisi yang sedang panen raya membuat stok beras begitu banyak. Bahkan melimpah. Namun di saat kondisi melimpah, Perum Bulog justru menghentikan penyerapan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Karena stok yang melimpah, harga beras terjun bebas. Bahkan, beras dengan kualitas medium hanya dihargai Rp 7 ribu hingga Rp 7,5 ribu per kilogram (kg). Padahal sebelumnya beras jenis medium berkisar pada Rp 8 ribu hingga Rp 8,5 ribu per kg. “Ya akhirnya harga turun karena stok melimpah,” terangnya.

Dia berharap kondisi ini dapat segera berlalu. Sebab, penghentian serapan beras akan memiliki efek domino di lapangan. Terutama bagi para petani dan supplier beras seperti dirinya. “Kami membutuhkan informasi dan kepastian sampai kapan Bulog bisa membuka kembali serapan beras seperti sebelumnya,” urainya. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news