alexametrics
Minggu, 25 Jul 2021
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek
Klaim Anggaran Covid-19 Baru Cair Rp 430 Juta

RSUD Terpaksa Utang Bank Rp 5 Miliar

Total Pengajuan Rp 21 Miliar

19 Juli 2021, 15: 06: 07 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa)

KOTA, Radar Trenggalek - Kondisi keuangan RSUD dr Soedomo makin terkuras seiring lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Hal itu diperparah ketika klaim anggaran Covid-19 dari pemerintah pusat yang baru cair sebatas Rp 430 juta.

Direktur RSUD dr Soedomo, dr Sunarto mengatakan, kebutuhan penanganan Covid-19 ini cukup besar. Estimasi anggaran untuk menangani satu pasien berkisar Rp 15-50 juta, tergantung kondisinya. Beberapa hari belakangan, kasus Covid-19 melonjak yang membuat biaya operasional juga meningkat drastis. Namun, itu tak sejalan dengan ketersediaan anggaran yang ada. "Sangat mengganggu keuangan RSUD (klaim anggaran pemerintah yang belum cair sepenuhnya, Red). Kami sampai pinjam Rp 5 miliar ke Bank Jatim untuk operasional untuk beli obat dan alat-alat, Red)," ungkapnya.

Klaim anggaran Covid-19 untuk Kabupaten Trenggalek terhitung selama kurun waktu 2020-2021. Tahun lalu, total klaim anggaran yang diajukan RSUD ke pemerintah pusat sebesar Rp 21 miliar. Setahun berjalan, klaim itu hanya turun sejumlah Rp 430 juta. Sementara, total klaim anggaran pada 2021 rencananya sebesar Rp 28 miliar. "Jadi kini kami cuma mengandalkan bantuan pemkab dan operasional BLUD (badan layanan umum daerah)," ujarnya.

Diakuinya, alokasi anggaran yang cukup besar itu rencananya digunakan untuk pengadaan alat generator oksigen. Menurutnya, alat itu dapat memproduksi hingga 500 liter oksigen per menit untuk pasien ventilator non-invasif. Pengadaan itu untuk mengantisipasi, pasien Covid-19 yang datang dengan saturasi oksigen minim. "Rata-rata saturasi oksigen cuma 40-50 persen dari normalnya di atas 95 persen. Bisa 97 atau 98 persen. Jadi banyak pasien yang meninggal sesampai di rumah sakit," ujarnya. (*)

(rt/pur/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news