alexametrics
Minggu, 25 Jul 2021
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Berikut Jumlah Hewan Kurban yang Bisa Disembelih Dalam Satu Hari

Dari Tiga RPH yang ada di Tulungagung

19 Juli 2021, 15: 36: 08 WIB | editor : Alwik Ruslianto

SIAPKAN: Beberapa hewan kurban sedang dilakukan pengecekan kesehatan, sebelum dijual ke pembeli.

SIAPKAN: Beberapa hewan kurban sedang dilakukan pengecekan kesehatan, sebelum dijual ke pembeli.

KOTA, Radar Tulungagung - Meningkatnya kasus pandemi Covid-19, membuat perayaan hari raya Idul Adha tahun ini berpotensi sepi. Jika pada tahun-tahun sebelumnya penyembelihan hewan kurban dilakukan secara ramai, tahun ini dianjurkan dilakukan di rumah penyembelihan hewan (RPH). Atau jika kapasitas RPH sudah penuh, bisa dilakukan di tempat terbuka dan yang diperbolehkan hanyalah pantia penyembelihan hewan kurban.

Disinggung adakah batasan jumlah panita kurban, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Tulungagung Masngut mengungkapkan, pada dasarnya setiap pantia itu memiliki kententuan berbeda-berbeda. Selain itu, jumlah panita juga ditentukan oleh jumlah hewan yang dikurbankan. Tentunya panita sudah memahami bagaimana menempatkan orang secara efektif. Mulai dari panita penyembelihan hingga panitia distribusi daging. “Kalau batasanya itu tergantung jumlah hewan yang dikurbankan. Toh mereka juga sudah mengetahui layaknya tahun kemarin,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tulungagung Mulyanto menambahkan, pada Idul Adha tahun ini, ada tiga hari untuk melakukan penyembelihan di RPH. Kalau di Tulungagung itu ada tiga RPH. Yakni RPH Ketanon, Ngunut, dan Bandung. “Tarif RPH itu gratis kalau Idul Adha. Mereka juga bisa membawa tenaga penyembelih sendiri atau juga bisa dari RPH. Tapi untuk tenaga mboleng itu bisa dari kesepakatan bersama,” tambahnya.

Pria berkacamata itu mengatakan, dalam satu hari dari ketiga RPH yang ada di Tulungagung, bisa menyembelih sebanyak 60 ekor sapi. Sedangkan untuk kambing, belum bisa disembelih di RPH. Namun kalau pada hari-hari biasa, jumlah hewan yang bisa disembelih itu fluktuatif. “Sampai sekarang kami masih belum menerima informasi berapa jumlah hewan yang akan disembelih di RPH,” pungkasnya. (*)

(rt/mam/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news