alexametrics
Sabtu, 24 Jul 2021
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Awasi Penyembelihan, Terjunkan Tim Khusus

21 Juli 2021, 11: 38: 25 WIB | editor : Alwik Ruslianto

CANGGIH: Salah seorang petugas menunjukkan cara kerja restraining box atau mesin peroboh sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Blitar kemarin (20/7).

CANGGIH: Salah seorang petugas menunjukkan cara kerja restraining box atau mesin peroboh sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Blitar kemarin (20/7). (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Penyembelihan hewan kurban di Kota Blitar belum sepenuhnya selesai kemarin (20/7). Diperkirakan masih banyak yang baru menyembelih hari ini. Begitu juga dengan rumah potong hewan (RPH) yang mulai beroperasi hari ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Blitar Rodiyah melalui Kabid Peternakan Dewi Masyitoh menyatakan, pihaknya tetap memantau terkait penyembelihan hewan kurban. Dinas bakal menerjunkan sekitar 47 petugas pada saat pelaksaan pemotongan hewan di setiap kelurahan.

Petugas itu memeriksa penyembelihan hewan kurban yang dilakukan masyarakat selama tiga hari ke depan. Petugas tersebut juga untuk mengantisipasi adanya temuan penyakit pada hewan kurban.

"Setiap kelurahan akan ada satu dokter dan satu pendamping,” ujar Dewi.

Dia mengatakan, 47 petugas yang diterjunkan terdiri atas staf dan dokter hewan. Staf berjumlah 26 orang. Sedangkan dokter hewan ada 15 orang. “15 orang dokter dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim VIII dan enam orang dokter dari Kota Blitar," imbuhnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar juga menambah satu unit restraining box atau mesin untuk merobohkan sapi di RPH Kota Blitar. Total kini ada dua unit. Pembagian petugas juga dilakukan untuk mempermudah pemotongan hewan kurban.

Penambahan mesin itu lantaran kuota penyembelihan hewan yang bertambah. Untuk lembu dari kapasitas sekitar 120 ekor, kini sudah ada pendaftar 113 ekor. Sedangkan kambing sekitar 35 ekor. Penyembelihan dimulai hari ini hingga Jumat nanti (23/7).

"Termasuk salah satu kesiapan untuk penyembelihan dan pemotongan hewan kurban. Ada satu tambahan mesin untuk merobohkan sapi. Jadi sekarang kita ada dua unit di RPH," ujar Wali Kota Blitar Santoso kemarin (20/7).

Pihaknya juga telah menyiapkan sekitar empat tim yang ditugaskan untuk menyembelih hewan kurban itu. (*)

(rt/ima/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news