alexametrics
Minggu, 19 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

Tak Layak Konsumsi, Langsung Dimusnahkan

21 Juli 2021, 11: 39: 51 WIB | editor : Alwik Ruslianto

BERBAHAYA: Petugas menunjukkan daging hewan kurban yang tak layak konsumsi karena cacing hati.

BERBAHAYA: Petugas menunjukkan daging hewan kurban yang tak layak konsumsi karena cacing hati. (AGUS MUHAIMIN/RADAR BLITAR)

SRENGAT, Radar Blitar - Cacing hati ditemukan pada puluhan hewan kurban. Itu diketahui saat penyembelihan di sejumlah lokasi kemarin (20/7). Agar tak disalahgunakan maupun dikonsumsi, organ hewan kurban yang di dalamnya terdapat cacing hati langsung dimusnahkan. 

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupatan Blitar Adi Andaka menyatakan, dari pantauan tim lapangan, diketahui ada beberapa organ dalam hewan yang tidak layak dimakan. Sebab, diketahui terdapat cacing hati. Adi memastikan, organ hewan kurban tersebut sudah dimusnahkan. “Sementara petugas kami mengetahui cacing hati ada di 58 hewan dan itu langsung dimusnahkan. Hatinya ya,” ujarnya.

Dari data dinas, pada hari pertama Idul Adha kemarin sudah cukup banyak hewan kurban yang disembelih. Rinciannya, ada 912 ekor sapi, 7.958 ekor kambing, dan puluhan domba.

Adi juga mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan hampir 250 petugas untuk memeriksa kesehatan hewan. Dia memastikan personelnya sehat dan bebas Covid-19. Sebab, sebelum turun ke lapangan mereka sudah menjalani swab atau rapid test antigen. “Sudah di-swab antigen kok untuk memastikan keamanan dari penyebaran virus,” jelasnya. (*)

(rt/muh/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news