alexametrics
Minggu, 25 Jul 2021
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung
Sistem Kesehatan Terancam Kolaps

Lima RSDC Terisi Penuh

Pemkab Terus Evaluasi dan Berkoordinasi

21 Juli 2021, 13: 29: 32 WIB | editor : Alwik Ruslianto

TERUS MENINGKAT : Seorang nakes sedang menyiapkan tempat tidur di ruangan isolasi intensif RSUD dr Iskak Tulungagung.

TERUS MENINGKAT : Seorang nakes sedang menyiapkan tempat tidur di ruangan isolasi intensif RSUD dr Iskak Tulungagung. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Angka kasus yang terus mengalami peningkatan dari hari ke hari turut berimbas pada keterisian tempat tidur (TT) atau bed occupancy rate (BOR). Bahkan dari 19 Rumah sakit darurat covid-19 (RSDC) yang telah disiapkan oleh Pemkab Tulungagung, lima diantaranya telah penuh.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmad mengatakan, terjadi peningkatan kasus cukup tajam pada Juli ini. Bahkan hingga per 19 Juli 2021, BOR di Kabupaten Tulungagung telah merangkak di angka 77 persen. Jika tidak segera dikendalikan, tentu ini menjadi catatan merah bagi pemkab dalam upaya penangan Covid-19. “BOR kita terus merangkak naik, dan kenaikannya lumayan tajam. Bahkan sekarang sudah di angka 77 persen,” jelasnya.

Kasil melanjutkan pihaknya terus melakukan evaluasi dan berkoordinasi untuk menyiapkan skenario terburuk. Sebab jika tingkat keterisian TT ini terus meninggi, bukan tidak mungkin akan membuat situasi semakin kacau. Utamanya sistem kesehatan di kabupaten ini akan kolaps. Karena jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas tetap, namun beban kerja yang terus bertambah seiring tingginya kasus Covid-19. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news