alexametrics
Sabtu, 24 Jul 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Serahkan 40 Kambing dan Lembu untuk Warga

Cara Pemkot Blitar Peringati Idul Adha

22 Juli 2021, 10: 12: 32 WIB | editor : Jessica AP

PEDULI: Wali Kota Santoso menyerahkan hewan kurban lembu kepada ketua takmir Masjid Agung Kota Blitar Subakir kemarin (21/7).

PEDULI: Wali Kota Santoso menyerahkan hewan kurban lembu kepada ketua takmir Masjid Agung Kota Blitar Subakir kemarin (21/7). (HUMAS DAN PROTOKOL KOTA BLITAR FOR RADAR BLITAR)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Wali Kota Blitar Santoso menyerahkan satu lembu ke panitia kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah di Masjid Agung Kota Blitar, kemarin (21/7).

Selain sapi, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar juga menyerahkan 40 kambing. Puluhan kambing itu langsung disalurkan ke sejumlah masjid dan musala yang tersebar di Kota Blitar. "Sesuai imbauan, penyembelihan hewan kurban dilakukan serentak mulai hari ini (kemarin, Red) selama tiga hari. Karena itu, kami serahkan sejumlah hewan kurban hari ini," jelas Wali Kota Santoso usai meninjau proses penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dimoro.

Sumbangan satu lembu itu diterima langsung oleh ketua takmir Masjid Agung Kota Blitar, Subakir. Sumbangan hewan kurban tersebut merupakan agenda rutin pemkot Blitar dalam memperingati Hari Raya Idul Adha. "Daging hewan kurban, baik sapi maupun kambing, yang kami sumbangkan, semoga bermanfaat bagi masyarakat kota Blitar. Lebih-lebih bagi mereka yang kini terkena dampak pandemi Covid-19," ujarnya.

Baca juga: India Balas Budi Kirim Bantuan Oksigen

Usai menyerahkan hewan kurban, wali kota langsung meninjau proses penyembelihan hewan kurban di RPH Dimoro. Didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Blitar Rodiyah, Santoso memantau penyembelihan secara modern dengan mesin hidrolis.

Sesuai imbauan wali kota, penyembelihan hewan kurban di masyarakat agar dilakukan di RPH. Hal itu demi mencegah terjadinya kerumunan massa dan menghindari penyebaran Covid-19. "Total ada 113 hewan kurban yang disembelih. 35 di antaranya adalah kambing," terangnya.

Sejumlah hewan kurban yang disembelih di RPH itu berasal dari masyarakat Kota Blitar. Sebagian ada dari musala atau masjid dan sebagian dari perorangan. Setelah disembelih, daging kurban dikembalikan kepada pemilik untuk kemudian dibagikan ke masyarakat.

Kepala DKPP Kota Blitar Rodiyah mengakui, penyembelihan hewan kurban di RPH dilakukan gratis alias tanpa dipungut biaya. Penyembelihan digelar selama tiga hari mulai kemarin hingga Jumat (23/7). "Karena jumlah hewan kurban banyak, maka penyembelihan dilakukan secara bertahap selama tiga hari," terangnya.

Dinas juga tetap akan memeriksa kondisi dari daging maupun hati hewan kurban yang disembelih. Tujuannya, untuk mengantisipasi adanya penyakit tertentu dalam hewan kurban. "Tetap kami lakukan pemeriksaan sesuai prosedur. Dengan harapan, daging kurban yang dikonsumsi masyarakat aman," tandasnya. (*) 

(rt/kan/esi/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news