alexametrics
Minggu, 19 Sep 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Pedaftaran CASN Diperpanjang Sepekan

Berikan Peluang yang Belum Daftar

22 Juli 2021, 14: 19: 16 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Kabid Pengadaan, Pembinaan, dan Pemberhentian BKPSDM Kabupaten Blitar Joko Wiyono

Kabid Pengadaan, Pembinaan, dan Pemberhentian BKPSDM Kabupaten Blitar Joko Wiyono (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR)

SANANWETAN, Radar Blitar - Kabar baik untuk para pendaftar calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021. Sebab, pemerintah memberikan perpanjangan waktu pendaftaran bagi para pendaftar hingga sepekan atau hingga 26 Juli. Saat ini ada sekitar 6.000 pendaftar yang telah mengisi formulir untuk formasi penerimaan di Kabupaten Blitar.

Kepala BKPSDM Kabupaten Blitar Mashudi, melalui Kabid Pengadaan, Pembinaan, dan Pemberhentian, Joko Wiyono mengatakan, perpanjangan jadwal pendaftaran seleksi CASN dilakukan sesuai dengan surat keputusan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Yakni pendaftaran seleksi CASN yang semula ditutup pada 21 Juli diperpanjang hingga 26 Juli 2021. Itu karena pemerintah ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar.

"Sesuai dengan keputusan dari BKN, pendaftaran CASN diperpanjang sampai 26 Juli. Ini untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya pada para pendaftar," ujarnya kemarin (21/7).

Baca juga: Fokus Pemulihan Kerugian Negara

Menurut dia, setelah pendaftaran CASN ditutup, akan dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi. Rencananya, pengumuman hasil seleksi administrasi tersebut akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. Kemudian, diteruskan dengan jadwal masa sanggah, jawab sanggah, hingga pengumuman pascasanggah.

Dia menyebutkan, hingga kini sudah ada sekitar 6.000 lebih pendaftar yang telah mengisi formulir. Jumlah pendaftar tersebut mengalami peningkatan lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Padahal, jumlah formasi nonguru cenderung lebih sedikit.

"Jumlah pendaftarnya meningkat. Lebih banyak dibandingkan dengan satu tahun sebelumnya," bebernya.

Untuk diketahui, berdasarkan data sementara per Rabu (21/7), jumlah total pendaftar CASN pada formasi Kabupaten Blitar mencapai 6.345 orang yang telah mengisi formulir pendaftaran. Terdiri dari formasi CASN sebanyak 2.724 orang, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) nonguru 442 orang, serta P3K guru mencapai 2.028 orang.

"Untuk yang sudah submit atau mengunggah berkas itu untuk CASN sebanyak 2.724 orang, P3K nonguru 257 orang, dan P3K guru sebanyak 1.996 orang. Ini semua masih data sementara, bisa berubah lagi," terangnya.

Dia menegaskan, pihaknya hanya melayani pertanyaan atau kendala para pendaftar secara online atau melalui media sosial. Jadi, pihaknya tidak memberikan layanan secara tatap muka langsung kepada para pendaftar. Hal itu sebagai upaya pencegahan risiko kerumunan maupun penyebaran Covid-19.

"Kami hanya melayani pertanyaan atau apa pun tentang CASN lewat media sosial dan nomor kontak yang tersedia. Tidak ada layanan tatap muka karena kondisi pandemi yang tidak memungkinkan," akunya.

Seperti diketahui, jumlah total CASN dan P3K di Kabupaten Blitar yakni 3.474 formasi. Jumlah tersebut dibagi menjadi tiga kategori. Yakni untuk formasi CASN membutuhkan 162 orang, formasi P3K nonguru 282 orang, dan formasi P3K guru sebanyak 3.030 orang. Formasi CASN dan P3K nonguru terdiri dari tenaga kesehatan dan teknis. (*)

(rt/ima/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news