alexametrics
Senin, 20 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Hukum & Kriminal

Ribuan Barang Bukti Dimusnahkan

Kasus Inkrah, Langsung Dimusnahkan

23 Juli 2021, 11: 53: 24 WIB | editor : Alwik Ruslianto

SUDAH INKRAH: Jaksa ketika memusnahkan barang bukti dari 43 perkara pada tahun ini.

SUDAH INKRAH: Jaksa ketika memusnahkan barang bukti dari 43 perkara pada tahun ini. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Ribuan barang bukti tindak kejahatan menumpuk di halaman Kejari Trenggalek kemarin (22/7). Pasalnya, berbagai barang bukti mulai dari minuman keras (miras), telepon genggam (HP), hingga berbagai jenis narkotika tersebut akan dimusnahkan.

Berdasarkan informasi yang didapat Jawa Pos Radar Trenggalek, barang bukti yang dimusnahkan tersebut terdiri dari 20 unit HP, 2.835 butir pil dobel L, 216 botol minuman keras berbagai merek, dan 2 paket narkoba dengan berat satu paketnya 1 gram lebih. Selain itu, ada satu paket alat judi dadu (klotok), senjata tajam (sajam) bukti pembunuhan, gentong untuk kasus penipuan, pupuk palsu, dan sebagainya hingga bukti tindak kejahatan asusila. Untuk pemusnahan barang bukti, digunakan dengan berbagai cara. Seperti dibakar, dihancurkan dengan blender, dipukul, dan sebagainya. "Ini barang bukti dari berbagai perkara selama periode Januari-Juli tahun ini (2021, Red) yang kami tangani dan sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap," ungkap Kajari Trenggalek Darfiah.

Dia melanjutkan, diharapkan dengan pemusnahan ribuan barang bukti tersebut menjadi penyemangat bagi seluruh aparat penegak hukum maupun lapisan masyarakat untuk senantiasa bekerja sama dalam menjaga situasi daerah agar tetap aman. Seperti yang dilakukan untuk menurunkan peredaran miras maupun menekan angka kriminal yang terjadi di masyarakat. "Pemusnahan barang bukti ini merupakan pemusnahan kedua yang kami lakukan di tahun 2021 ini. Total 43 perkara," katanya. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news