alexametrics
Minggu, 19 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung
Adanya Kelompok Rentan

Klaster Keluarga Dominasi Kematian

Isoman Harus Patuh Prokes

23 Juli 2021, 13: 29: 04 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis (HENDRA NOVIAS/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung - Tingginya kasus Covid-19 di Kabupaten Tulungagung selama dua pekan ini dipicu sejumlah faktor. Termasuk maraknya klaster keluarga.

Diketahui klaster keluarga ini berasal dari anggota keluarga yang produktif dan sering bepergian keluar rumah kemudian terpapar virus korona dan menulari para anggota keluarga lain. “Klaster keluarga ini dipicu adanya isolasi mandiri (isoman) yang lalai pada protokol kesehatan (prokes),” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung dr Kasil Rokhmad, kemarin (22/7).

Rata-rata, lanjut dia, anggota yang produktif ini yang terpapar dulu. Kemudian menulari yang di rumah. Sementara di rumah ada kaum rentan seperti lansia yang berisiko pada kematian.

Dia menjelaskan, dari data yang tercatat, sebagian besar klaster keluarga berisiko pada kematian. Itu karena adanya kelompok rentan yang berada di tengah-tengah keluarga. Seperti lansia dan ibu hamil (bumil). Jadi secara grafik, tingkat kematian yang tinggi justru berasal dari anggota keluarga yang tidak produktif atau hanya berdiam diri di rumah. “Kelompok tidak produktif ini memiliki imunitas yang rendah,” terangnya. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news