alexametrics
Senin, 20 Sep 2021
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Insentif Nakes Baru Cair hingga Maret

24 Juli 2021, 09: 52: 47 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa)

Di balik tugas berat memberikan pelayanan, ribuan tenaga kesehatan (nakes) ternyata belum bisa menikmati haknya. Diduga ini terjadi karena fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) belum menyampaikan laporan penanganan pasien Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar Miftkhul Huda mengatakan, pihaknya terus mendorong kepada fasyankes untuk segera menyampaikan laporan sebagai salah satu syarat untuk pengajuan pencairan insentif nakes yang menangani korona. “Saat ini rekan-rekan yang ada di fasyankes juga terus berproses untuk itu,” katanya.

Dia menegaskan, pihaknya sudah menandatangani banyak pengajuan pencairan insentif nakes ini. Terutama dari puskesmas dan rumah sakit di bawah naungan pemerintah daerah.  Namun,  sejauh ini belum bisa berjalan dengan mulus alias lancar setiap bulan. “Sepengetahuan kami, insentif yang sudah cair ada sekitar Rp 5 miliar,” ungkapnya.

Baca juga: Kapan Pandemi Berakhir?

Dia memaklumi karena beberapa waktu terakhir semua personel dalam bidang kesehatan disibukkan dengan aktivitas kuratif karena ada tren peningkatan kasus. “Puskesmas yang cair baru untuk Januari dan Februari, sedangkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngudi Waluyo sampai Maret,” terangnya.

Sementara itu, Kajari Blitar Bangkit Sormin mengaku sudah memberikan perlindungan hukum bagi nakes yang melakukan penanganan pandemi Covid-19. Hal ini penting untuk membangun rasa aman sehingga mereka dapat melaksanakan tugas penanganan pandemi Covid-19 dengan maksimal.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap adanya percepatan pelaksanaan pencairan insentif atau tunjangan bagi nakes. Tentunya setelah kewajiban dan persyaratan sudah memenuhi untuk pencairan insentif tersebut. “Mereka adalah pejuang kita saat ini. Jadi hak-haknya juga harus segera dipenuhi,” tegasnya. (*)

(rt/muh/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news