alexametrics
Senin, 20 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Features

Perawatan Rutin, Performa Tetap Optimal

24 Juli 2021, 09: 58: 01 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Perawatan Rutin, Performa Tetap Optimal

Kini motor klasik bebek yang paling diminati penghobi ada beberapa jenis. Di antaranya Yamaha V Series. Mulai Yamaha V75 sampai V80, dengan karakteristik mesin 2 tak.

Sementara dari pabrikan Honda, ada Honda C70 dan Honda C80. Tak ketinggalan produk dari Suzuki, yakni Suzuki RC100. Kebanyakan motor klasik jenis bebek yang digandrungi datang dari kelas mesin 2 tak. "Namun untuk Suzuki, peminatnya belum sebanyak dua merek lainnya itu (Honda dan Yamaha, Red)," ujar Irfan.

Meski hobi naik motor klasik, lanjut Irfan, jangan sampai mengabaikan perawatannya. Secara umum, perawatan motor klasik bermesin 2 tak tidak jauh berbeda dengan motor lain. Yang harus diperhatikan dari segi dapur pacu alias mesin.

Pemilik sebisa mungkin rutin mengecek kondisi oli mesin. Sebab, oli memiliki peran penting dalam menjaga performa mesin agar tetap optimal. "Minimal ganti oli bisa dua bulan sekali. Namun kalau untuk penggunaan harian, minimal sebulan sekali ganti oli. Jadi tergantung pemakaian kendaraan juga," terangnya.

Selain oli, tidak lupa wajib cek busi. Minimal harus rutin dibersihkan seminggu sekali. Tujuannya agar tarikan tetap enteng. Jika busi sudah rusak, sebaiknya langsung diganti baru. "Dua hal itu yang paling vital dan harus diperhatikan," katanya.

Nah, untuk menjaga agar penampilan motor tetap kinclong sebisa mungkin dicuci rutin. Apabila rutin dicuci, diharapkan bisa mencegah bodi keropos. Jauh dari karatan. (*)

(rt/kan/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news