alexametrics
Senin, 20 Sep 2021
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Tiga Ruas Jalan Usulkan Perbaikan  

24 Juli 2021, 13: 38: 48 WIB | editor : Alwik Ruslianto

HATI-HATI: Tampak beberapa ruas jalan di depan Pabrik Gula Modjopanggoong berlubang.

HATI-HATI: Tampak beberapa ruas jalan di depan Pabrik Gula Modjopanggoong berlubang. (MUHAMMAD HAMMAM DEFA SETIAWAN/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Setidaknya ada tiga ruas jalan di Tulungagung yang kini sudah memiliki detail engineering design (DED). Maka dari itu, pada anggran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung mengajukan tiga ruas jalan tersebut untuk dilakukan perbaikan.

Kasi Perencanaan Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung Wahyudiana mengatakan, beberapa ruas jalan nantinya akan diajukan pada APBD-P tahun 2021. Meliputi ruas jalan Cuiri sampai Mangunsari; jalan Gragalan sampai Podorejo; dan ruas jalan Cuiri sampai Karangrejo. “Untuk jaraknya itu, ruas jalan dari Cuiri-Mangunsari kurang lebih sejauh 3 kilometer (km), Gragalan-Podorejo kurang lebih sejauh 4 km, dan yang paling jauh Cuiri-Karangrejo itu kurang lebih 7 km,” tuturnya.

Wahyu, sapaan akrabnya menjelaskan, sebenarnya pengerjaan pengajuan kegiatan perbaikan dari APBD-P tahun 2021 memiliki waktu terbatas. Hal itu membuat pihaknya harus memprioritaskan program pembangunan yang sudah memiliki DED. “Ketiga ruas tersebut sudah memiliki DED sehingga menjadi prioritas perbaikan,” jelasnya.

Baca juga:   Andalkan Pemain Intern

Pada APBD-P, pihaknya mengajukan anggaran sebesar Rp 1 miliar (M) hingga Rp 3 M. Anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki tiga ruas jalan tersebut. Dengan rincian, menambal jalan yang berlubang dan mengaspal ulang. “Kalau sesuai DED yang sudah jadi, nantinya ruas jalan tersebut juga akan di-hotmix. Makanya membutuhkan anggaran besar. Selain itu, memang kondisi jalan yang kami ajukan sudah banyak yang rusak,” paparnya.

Terkait adakah program pembangunan lain yang juga diajukan untuk APBD-P, Wahyu mengungkapkan jika pihaknya juga mengajukan anggaran untuk pendampingan program peningkatan kualitas kawasan kumuh Kali Ngrowo. Pada program tersebut dilakukan pembangunan saluran. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan kondisi jalan menjadi baik setelah dilakukan pembangunan saluran. “Tentunya tujuan kami agar setelah pengerjaan saluran itu, kondisi jalannya tetap bagus. Lokasi perbaikannya di area Pasar Wage,” pungkasnya. (*)

(rt/mam/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news