alexametrics
Minggu, 24 Oct 2021
radartulungagung
Home > Features
icon featured
Features
Sehat kucingku, Senang Hatiku

Tips Merawat Anabul Kesayangan

04 September 2021, 19: 43: 23 WIB | editor : Alwik Ruslianto

BERBULU: Kucing menjadi salah satu hewan favorit untuk dipelihara.

BERBULU: Kucing menjadi salah satu hewan favorit untuk dipelihara. (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR)

Sejumlah penyakit mengintai kucing apabila pemiliknya tak paham betul cara perawatannya. Menjaga kebersihan kucing menjadi kunci utama. Pasalnya, kucing akan tumbuh dengan sehat apabila pemiliknya dapat memperhatikan kebersihan. Baik pada kondisi tubuh maupun kebutuhan lain hewan dengan nama ilmiah felis catus itu.

Drh Riris Dian We Wahyu mengatakan, kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara orang. Namun, tidak semua orang paham cara merawat kucing secara baik dan benar. Padahal, kucing juga membutuhkan perawatan yang baik agar tumbuh sehat.

"Tidak hanya terfokus pada jenis kucing, tapi menjaga maupun merawat kucing juga perlu dilakukan secara maskimal. Sebab, kucing juga makhluk hidup," ujarnya.

Baca juga: Tante dan Keponakan Warga Kota Malang ini Nekat Ngutil di Blitar

Riris mengatakan, ada banyak jenis penyakit yang dapat menyerang kucing. Karena itulah, harus diwaspadai dan dicegah. Paling banyak yakni infeksi jamur serta infestasi ektoparasit kutu dan cacing.

"Sebenarnya semua penyakit pada kucing bisa dicegah. Kuncinya satu, rajin jaga kerbersihan. Baik itu pada kondisi kucing maupun perlengkapannya," katanya.

Dia melanjutkan, pemilik perlu memperhatikan kebersihan kucing agar bebas penyakit. Salah satunya dengan rajin memandikan kucing dua minggu sekali. Membersihkan bagian tubuh kucing, termasuk telinga, mata, kuku, dan bulu juga penting dilakukan. Selain itu, diusahakan kucing menerima vaksin dan obat cacing khusus 2-3 bulan sekali.

"Membersihkan kandang dan tempat kotorannya juga harus diperhatikan. Sebab, itu juga usaha untuk mencegah terjadinya penyakit. Yang jelas memang harus telaten dan rajin," imbuhnya.

Pemilik harus segera membawa kucing ke dokter hewan apabila mengalami penyakit. Sebab, tidak semua kucing mengalami gejala penyakit yang sama. Jadi harus ada penanganan hingga pengobatan secara tepat.

"Usahakan dibawa ke dokter hewan biar tahu kondisi, gejala, dan detail penyakitnya. Karena tidak semua kucing memiliki gejala atau kondisi yang sama saat terkena penyakit," tandasnya. (*)

(rt/ima/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news